Breaking News:

Cuaca Buruk

Ratusan Penumpang Kapal Feri Tujuan Simeulue Terlantar di Labuhan Haji

Politisi dari Partai Golkar Simeulue itu mengaku sudah mengirim bantuan untuk meringankan beban para penumpang yang sedang terlantar di Labuhan Haji,

Penulis: Sari Muliyasno | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/SARI MULIYASNO
Kapal feri tidak beroperasi dan bersandar di pelabuhan lama Sinabang, Rabu (23/10/2019). 

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Cuaca buruk melanda wilayah perairan Barat dan Selatan Aceh menyebabkan terganggunya jalur pelayaran dari Simeulue ke daratan Aceh maupun sebaliknya.

Sebelumnya, Selasa (8/9/2020) kapal feri yang membawa seratusan penumpang dari Pelabuhan Penyeberangan Labuhan Haji, Aceh Selatan yang sedang berlayar ke Pulau Simeulue, terpaksa kembali ke pelabuhan lantaran kondisi cuaca tak memungkinkan melanjutkan pelayaran.

Suryadi, seorang penumpang yang dihubungi Serambinews.com, Kamis (10/9/2020) malam menyatakan ia bersama saratusan penumpang lainnya saat ini masih telantar di pelabuhan Labuhan Haji sembari menunggu kapal berangkat ke Simeulue.

Dikatakan, penumpang sudah telantar di pelabuhan sudah mencapai empat hari dan sudah mengeluh kehabisan uang belanja.

"Yang kami data sementara warga Simeulue ada 153 orang di sini. Ada yang tidur di kapal dan juga tempat di seputaran komplek pelabuhan. Ada juga yang ke tempat famili," katanya melalui sambungan telepon.

Ia menambahkan, karena banyak yang sudah kehabisan uang untuk belanja kebutuhan, para penumpang kapal asal Simeulue itu terpaksa berbagi dengan warga yang masih ada persiapan belanja.

Jadwal Liga Inggris 2020 Pekan Ini, Liverpool Vs Leeds United dan Manchester City Vs Aston Villa

Kajari Aceh Singkil Siap Terima Tamu dengan Baik, Bersyukur Atas Kedatangan Demonstran

"Harapan kami kapal bisa cepat berlayar, kalau masih lama berlayar dipastikan banyak warga Simeulue yang kelaparan di sini," tandasnya.

Secara terpisah, seorang anggota DPRK Simeulue Andi Milian, kepada Serambinews.com mengatakan bahwa pihaknya mengaku prihatin dengan kondisi para penumpang yang sedang telantar tersebut yang tak lain warga Simeulue.

Anggota DPRK Simeulue Andi Milian
Anggota DPRK Simeulue Andi Milian (SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM)

Pihaknya pun berharap cuaca segera kondusif dan kapal feri bisa segera berlayar ke Simeulue.

Politisi dari Partai Golkar Simeulue itu mengaku sudah mengirim bantuan untuk meringankan beban para penumpang yang sedang telantar di Labuhan Haji, Aceh Selatan.

"Sangat prihatin mendengar kabar saudara-saudara kita telantar di Labuhan Haji. Tadi ada sedikit bantuan yang kita kirim untuk dibelikan nasi bungkus, semoga bisa meringankan," pungkas Andi Milian, yang tak menyebut jumlah bantuan yang disumbangkan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved