Breaking News:

Jurnalisme Warga

Pesona Puncak Geurutee yang Bikin Kangen

Sebagai wilayah yang masih tergolong asri, Aceh memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia

Pesona Puncak Geurutee yang Bikin Kangen
IST
ZAINI FUZA, S.Pd., alumnus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala dan Anggota Komunitas Menulis Pematik, melaporkan dari Lamno, Aceh Jaya

OLEH ZAINI FUZA, S.Pd., alumnus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala dan Anggota Komunitas Menulis Pematik, melaporkan dari Lamno, Aceh Jaya

Sebagai wilayah yang masih tergolong asri, Aceh memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah pesona puncak Gunung Geurutee yang terletak di wilayah Aceh Jaya.

Ketika saya mudik dari Banda Aceh ke Meulaboh, saya selalu menyempatkan diri untuk singgah ke Puncak Geurutee walau hanya sesaat.  Di lokasi ini, saya bisa menyaksikan langsung birunya Samudra Hindia yang membentang luas seolah tiada ujungnya. Di tebing Puncak Geurutee, meskipun sangat curam dan sempit tidak menghambat para pedagang kuliner untuk mendirikan warung-warung makan yang selalu ramai dikunjungi.

Bisa dibilang, perjalanan menuju Aceh Jaya atau Meulaboh belum terasa sempurna apabila tidak menyempatkan diri untuk singgah ke Puncak Geurutee. Bagaimana tidak, keharmonisan antara luasnya laut dan tingginya bukit menjadikan lokasi ini seolah surganya Aceh Jaya yang menyihir siapa saja yang menghampirinya. Tidak sedikit para pendatang yang mendokumentasikan dirinya di Puncak Geurutee, begitu juga mereka yang tengah asyik menyantap semangkuk mi ditemani secangkir kopi yang menggoyang lidah.

Selain itu, ada pula sekelompok fauna berupa monyet alam yang sangat bersahabat. Bila mereka diberikan makanan, maka para pendatang bisa leluasa mengambil foto karena mereka tidak liar dan tidak pula takut pada manusia.

Puncak Gunung Geurutee bisa dikategorikan sebagai salah satu lokasi yang fantastis. Berbeda dengan pegunungan pada umumnya yang memiliki medan yang ekstrem dan sulit untuk dilalui, Gunung Geurutee memiliki akses jalan yang baik dan sudah dalam kondisi beraspal untuk dilalui. Posisinya yang strategis, yakni terletak pada jalan utama nasional membuat Puncak Geurutee sangat efisien untuk disinggahi kapan saja oleh para pengendara. Maka tidak heran jika Puncak Geurutee selalu ramai oleh pencinta wisata maupun mereka yang hanya sekadar lewat.

Bila sore hari, para pengunjung bisa melihat pemandangan yang lengkap dari Puncak Geurutee. Tidak hanya hamparan laut yang luas, tetapi juga pesisir pantai yang sangat memukau dan nyaman dipandang mata. Apalagi juga ada dua pulau kecil yang terletak di tengah lautan seolah mengingatkan pengunjung pada aset wisata kelas dunia yang ada di Hawaii. Ketika sore hari, akan terlihat kilau cahaya senja menyinari tepi pantai yang sudah ramai digandrungi anak-anak bermain bola kaki.

Di balik panorama yang memukau, ternyata asal muasal kisah penamaan ‘geurutee’ tidak seindah kenyataannya. Menurut informasi yang saya dapatkan dari warga setempat, penamaan ‘geurutee’ berasal dari kata ‘menggerutu’ yang berarti kesal atau makian. Kisah ini terjadi pada masa peralihan. Pada masa itu, hiduplah sepasang suami istri di negeri Daya (Lamno sekarang) yang berprofesi sebagai petani. Bisa dibilang mereka hidup dengan keadaan cukup meskipun tidak bisa disebut sebagai jutawan.

Suatu hari, sang suami berinisiatif untuk mencari penghidupan yang lebih baik, ia kemudian meminta izin untuk merantau ke Kerajaan Aceh (Banda Aceh saat ini).  Awalnya istri menolak dengan mengatakan, “Bukankah kehidupan kita cukup baik, mengapa harus pergi merantau? Sang suami dengan segala keseriusannya membunjuk dan berjanji akan segera pulang dari perantauan apabila telah memperoleh hasil.

Singkat cerita, sang istri akhirnya mengalah dan mengizinkan belahan jiwanya pergi. Perantauan dilakukan suami dengan melakukan perjalanan ke arah utara Negeri Daya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved