Breaking News:

Prabowo Akan Tanam Singkong di Lahan Seluas 60 Ribu Hektare

Sudin juga mempermasalahkan lahan tersebut belum memiliki irigasi yang baik berdasarkan tinjauannya setahun yang lalu.

KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI
Prabowo Subianto di Jalan Widya Chandra V, Jakarta, Rabu (25/12/2019). (KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI) 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Lahan seluas 60 ribu hektare disiapkan untuk penanaman singkong.

Penanaman tersebut terkait program lumbung pangan Kementerian Pertahanan yang digagas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lahan tersebut di antaranya berada di Provinsi Bengkulu sebanyak 30 ribu hektar. "Usulan dari Kemhan kita diminta untuk menyediakan lahan yang dibutuhkan sekitar 30 ribu hektar, maka untuk penyediaan lahannya mulai kita kaji," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, Rabu (16/9/2020).

Lahan seluas 30 ribu hektar yang akan ditanami singkong tersebut tersebar di beberapa daerah di Bengkulu, di antaranya Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Rejang Lebong.

Laut China Selatan Berpotensi Perang, Prabowo & Retno Tegaskan Indonesia Enggan Terlibat Pertikaian

IPW Sampaikan 18 Menteri Kabinet Jokowi-Amin Bakal Kena Reshuffle, Prabowo Termasuk?

Koalisi Masyarakat Sipil Minta Prabowo Batal Beli 15 Pesawat Tempur Bekas Eurofighter Typhoon

Sementara itu, Ketua Tim Program Badan Cadangan Logistik Strategis Provinsi Bengkulu, Kolonel Laut (KH) Joni Agoesta, menyebut rencana penanaman singkong berskala besar ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan nasional.

"Pangan sebagai salah satu pilar utama dalam ketahanan negara, salah satu upaya penyediaan lumbung pangan itu adalah dengan penanaman singkong ini," ujarnya.

Nantinya, kata Joni, kebun singkong tersebut akan dikelola oleh TNI bersama dengan pemerintah provinsi Bengkulu serta melibatkan masyarakat sekitar dengan pola rekruitmen.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo atau SYL, menegaskan program penanaman singkong oleh Kementerian Pertahanan tidak termasuk yang akan digarap tahun ini oleh Kementerian Pertanian.

Dalam program food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah ( Kalteng), telah disiapkan lahan seluas 30.000 hektare yang dibagi untuk Kementan dan Kemenhan.

SYL menjelaskan penanaman singkong oleh Kemenhan sebagai cadangan pangan strategis tidak termasuk tugas, pokok, dan fungsi yang dikerjakan oleh Kementan dalam proyek food estate.

Halaman
123
Editor: Said Kamaruzzaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved