Breaking News:

Berita Aceh Besar

Pelanggar Perbup Prokes Covid Masih Dikenakan Sanksi Sosial belum Dijerat Denda, Ini Alasannya

"Bagi pelanggar Perbup Prokes Covid-19 akan diberikan saksi administratif, saksi denda, dan saksi sosial,” jelas Kasatpol PP Aceh Besar ini.

For Serambinews.com
Kasatpol PP Aceh Besar, M Rusli SSos 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Aceh Besar, M Rusli SSos MAP mengatakan, penegakan Peraturan Bupati (Perbup) Aceh Besar terkait Covid-19, masih bersifat persuasif.

Sebab itu, pelanggar Perbup Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 tersebut belum dijerat dengan denda.

"Bagi pelanggar Perbup Prokes Covid-19 akan diberikan saksi administratif, saksi denda, dan saksi sosial,” jelas Kasatpol PP Aceh Besar ini.

“Namun untuk saat ini, untuk para pelanggar ini kita lebih mengedepankan saksi sosial seperti menyapu jalan, mengutip sampah, hingga membaca ayat pendek Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” paparnya.

"Bukan berarti dengan sanksi sosial ini terlalu ringan, lalu masyarakat semakin tidak patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19. Tapi ini untuk menggugah kesadaran warga," ujar M Rusli SSos.

Hujan Badai Landa Abdya, Rumah Warga Terendam & Gunung Samarinda Longsor dan Tutupi Jalan Nasional

41 TKA Cina Negatif Corona  

Sekolah Tatap Muka di Aceh Tengah Kembali Ditunda

Menurut Kasatpol PP Aceh Besar itu, perlu ada rasa kesadaran dari dalam diri masyarakat untuk menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain, agar terbebas dari virus corona.

Perbup Aceh Besar itu sendiri dikeluarkan untuk membiasakan masyarakat memakai masker ketika keluar rumah serta mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Menurut Kasatpol PP Aceh Besar, mereka telah melakukan razia masker dan memberikan sanksi sosial kepada para pelanggar Prokes Covid-19.

“Kita terus melakukan razia di pusat keramaian seperti pasar-pasar, warung kopi, dan pusat keramaian sosial lainnya,” tegasnya.

VIDEO VIRAL Foto KTP Gadis Cantik, Ternyata Pemotretan Dilakukan Setelah Bangun Tidur

VIDEO Kepala Desa Kesurupan, Kejar Penari hingga Mengeluarkan Suara Eraman

VIDEO Detik-detik Pria Bertopeng Rampas Emas Dijalanan, Aksinya Ditonton Warga

"Razia ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona di pedesaan dalam wilayah Aceh Besar yang kini terus meningkat," pungkas M Rusli.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved