Breaking News:

Salam

Aceh Masuki Fase Krusial Pandemi

TENAGA medis di Aceh kembali berduka. Dokter senior RSUD Langsa, Nuchsan Umar Lubis SpA, meninggal dunia akibat Covid-19 di Medan

Serambi Indonesia
Dokter senior RSUD Langsa, dr. Nuchsan Umar Lubis, Sp.A, Kamis (24/09/2020) dilaporkan meninggal dunia akibat terpapar covid-19, pada pukul 06.10 WIB, genap diusia 69 tahun, di Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan, Sumatera Utara. 

TENAGA medis di Aceh kembali berduka. Dokter senior RSUD Langsa, Nuchsan Umar Lubis SpA, meninggal dunia akibat Covid-19 di Medan, Kamis (24/9/2020), dan jenazahnya dibawa pulang ke Langsa.

Jenazah disemayamkan sebentar di RSUD Langsa untuk penghormatan terakhir, lalu dilepas kembali menuju tempat peristirahatan terakhirnya.

Sebagaimana diberitakan Harian Serambi Indonesia edisi Jumat kemarin, dokter spesialis anak itu meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Bunda Thamrin, Medan, Sumatera Utara, sekitar pukul 06.10 WIB Ia bersama istrinya, dr Arlina Yunita Marsida SpM, dirawat

karena dinyatakan juga positif Covid-19. Sang istri masih diisolasi dan dirawat ketika suaminya berpulang dalam usia 69 tahun hingga dikebumikan.

Nah, meninggalnya dokter spesialis tersebab Covid ini kasus kedua di Aceh. Sebelumnya, dr Imai Indra yang ahli anestesi meninggal juga akibat Covid-19 di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin Banda Aceh pada 2 September lalu.

Ada beberapa kesamaan antara kedua dokter ini. Imai merantau dari Riau ke Aceh, sedangkan Nuchsan Umar Lubis merantau dari Sumut ke Aceh dan bekerja di Langsa. Mereka sama-sama terinfeksi Covid-19 se telah melakukan tindakan medis terhadap pasien Covid-19.

Artinya, mereka ini telah berkorban besar dalam kerja kemanusiaan, khususnya di bidang kesehatan yang berujung pada kematiannya. Kesamaan lainnya adalah istri masing-masing dokter ini juga terinfeksi Covid-19 dan dirawat bersamaan.

Namun, takdir berkata lain: kedua dokter spesialis ini duluan menghadap Sang Pencipta dan itu menjadi persamaan mereka yang terakhir. Beruntung, istri dr Imai Indra dan dua putranya sudah dinyatakan sembuh, bahkan Kamis lalu sudah terima penghargaan dan bingkisan tanda berkabung dari Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan istrinya, Dyah Erti Idawati.

Istri dr Nuchsan Umar yang juga dokter kini sedang bergelut melawan virus corona yang merongrongnya. Di luar itu semua, kita perlu tingkatkan kewaspadaan dan kepatuhan pada protokol kesehatan (prokes) Covid-19, mengingat sudah lebih 350 dari 3.981 orang yang terpapar Covid di Aceh adalah tenaga kesehatan. Mulai dari dokter spesialis, mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis­ (PPDS), dokter umum, perawat, bidan, hingga laboran.

Kondisi ini pantas membuat kita cemas karena begitu tenaga kesehatan positif Covid-19 maka puskesmas, ruang kerja, tempat praktik, bahkan rumah sakit tempat mereka bekerja harus dilockdown beberapa hari untuk proses strelisasi.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved