Breaking News:

Salam

Prediksi WHO Hendaknya Menyadarkan Kita Semua  

Sebelum vaksin antivirus Corona yang mujarab ditemukan dan digunakan secara merata di seluruh dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

AFP/Fabrice COFFRINI / POOL
Kepala Keadaan Darurat WHO, Michael Ryan menghadiri konferensi pers tentang perkembangan virus Corona di markas besar Jenewa, Swiss 

Sebelum vaksin antivirus Corona yang mujarab ditemukan dan digunakan secara merata di seluruh dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah kematian akibat Covid‑19 secara global bisa mencapai angka 2 juta jiwa.

"Kita tidak keluar dari hutan mana pun, kita tidak keluar dari hutan di Afrika. Jika kita tidak melakukan itu semua itu, maka 2 juta kematian tidak hanya dibayangkan, tetapi sangat mungkin terjadi," kata Mike Ryan, ketua program kedaruratan badan PBB.

Ryan berpandangan, generasi muda tidak seharusnya disalahkan.

Ia mengkritik bahwa belakangan muncul kekhawatiran infeksi Covid‑19 kian tinggi lantaran prilaku pergaulan kaum muda setelah pembatasan di seluruh dunia dilonggarkan.

Ryan menyebut, sebaliknya interaksi segala usia dalam ruangan tertutup yang justru pemicu epidemi.

Pada awal Juli 2020, WHO sudah mengeluarkan pernyataan bahwa virus Corona dapat bertahan di udara atau airborne dalam ruangan tertutup.

Dengan kondisi itu, virus Corona juga dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Dalam pernyataan resminya, WHO mendefinisikan penularan melalui udara sebagai penyebaran agen penular yang disebabkan penyebaran aerosol yang melayang di udara dalam jarak dan waktu yang lama.

Tempat tertutup yang bisa menjadi tempat penularan Covid‑19 di udara antara lain restoran, klub malam, tempat ibadah, tempat kerja, atau tempat‑tempat orang berteriak, berbicara, dan bernyanyi.

"Teori menunjukkan bahwa sejumlah droplet pernapasan dapat menghasilkan aerosol. Ini terjadi saat menguap, bernapas normal, dan saat berbicara," kata WHO.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved