Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Sekjen Kemendagri Minta Sekda se-Indonesia Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori mengingatkan para seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi...

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA  – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori mengingatkan para seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi dan Kabupaten/Kota agar mencermati betul pelaksanaan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

Hudori menekankan Pilkada Serentak 2020 merupakan agenda nasional yang harus disukseskan oleh seluruh pihak atau stakeholder.

“Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 ini merupakan Pilkada yang terbesar, dan ini akan dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020 yang tersebar di 270 daerah,” kata Hudori dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah se-Indonesia (Forsesdasi) Tahun 2020 dengan tema “Peningkatan Kualitas dan Percepatan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Indonesia Maju” di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta pada Rabu, (30/09/2020).

Lebih lanjut, Hudori menegaskan bahwa Pilkada harus menjadi momentum untuk melakukan gerakan bersama melawan Covid-19 beserta dampak sosial ekonominya.

Dengan menggerakkan mesin-mesin yang ada di daerah, Pilkada serentak ini juga harus menjadi ajang adu gagasan bagi calon kepala daerah bagaimana menangani kedaruratan kesehatan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah masing-masing.

Ternyata, 8 Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Cerita Ibu Muda Kedatangan Tamu tak Diundang setelah Suami Berangkat Kerja, Bayi Nyaris Jadi Korban

Dino Morea Sebut Pembuat Film Tahu Dengan Siapa Mereka Ingin Bekerja Atau Tidak

Besok, Jenazah Zulman, TKI asal Aceh Selatan yang Meninggal di Malaysia akan Diterbangkan ke Jakarta

“Sehingga (Pilkada) diharapkan menghasilkan kepala daerah yang legitimate yang mempunyai kebijakan dan program yang strategis dalam penanganan Covid-19 dan mengatasi dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya,” ujar Hudori di hadapan para Sekda seluruh Indonesia, baik yang hadir secara langsung maupun mengikuti secara virtual.

Hudori menekankan kepada para Sekda yang daerahnya melaksanakan Pilkada, terdapat sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam menjawab tantangan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi.

Pertama, adanya peningkatan kebutuhan Pilkada untuk penerapan protokol kesehatan. Kedua, penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada. Ketiga, SDM penyelenggara dan petugas keamanan harus melakukan protokol kesehatan.

“Keempat, masyarakat atau pemilih harus tetap terjaga kesehatan dan keselamatannya. Kelima, legitimasi pelaksanaan Pilkada pada masa pandemi harus kita lakukan, terutama soal tingkat partisipasi pemilih,” papar Hudori.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved