Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Ketua DPRK Aceh Tengah Usulkan Sederet Nama Tokoh untuk Penamaan Gedung IAIN Takengon

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah, Arwin Mega, mengusulkan sederet nama tokoh untuk disematkan menjadi nama beberapa gedung..

For Serambinews.com
Ketua DRPK Aceh Tengah, Arwin Mega. 

 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

 

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah, Arwin Mega, mengusulkan sederet nama tokoh untuk disematkan menjadi nama beberapa gedung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon. Nama-nama tersebut, terdiri dari pejuang, mantan bupati serta tokoh akademisi.

Beberapa nama yang diusulkan oleh Arwin Mega, diantaranya ada Mude Sedang, Baihqi AK, Krani Muhammad Adjim, dan Abdul Wahab. Tokoh Mude Sedang adalah seorang tokoh Gayo yang juga merupakan mantan Bupati Aceh Tengah periode 1953 - 1955.

Selanjutnya, ada Prof Baihaqi AK yang merupakan salah satu akademisi Gayo. Selain seorang akademisi, ia juga merupakan seorang politisi Gayo yang mumpuni dan bisa dikatakan orang Gayo pertama yang duduk di DPR RI. Perannya dan jasanya dinilai banyak untuk kemajuan Gayo.

Berikutnya, ada Krani Muhammad Adjim yang merupakan seorang pejuang Gayo, sekaligus mantan sekretaris/banta dari bupati pertama Aceh Tengah, periode 1945-1949. Selain itu, Krani Muhammad Adjim juga ikut merumuskan awal pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah.

Sementara itu, Abdul Wahab merupakan Bupati Pertama Aceh Tengah dan pernah menjadi bupati dua periode di Aceh Tengah yaitu priode 1945 - 1949 dan 1958 - 1964. Selain menjadi bupati di Kabupaten Aceh Tengah, Abdul Wahab juga pernah menjabat sebagai Bupati Aceh Barat.

Setelah menyodorkan sejumlah nama, Arwin Mega kepada Serambinews.com, Rabu (7/10/2020) menuturkan, bahwa di Kabupaten Aceh Tengah, masih banyak totoh-tokoh Gayo yang sangat potensial, tetapi ada beberapa nama yang diperkirakan layak untuk disematkan menjadi penamaan gedung IAIN Takengon.

“Ada beberapa pertimbangan, makanya kami menyampaikan sejumlah nama. Diantarnya selain menyandang gelar akademik yang mereka sandang, juga ada nilai-nila perjuangan yang telah ditorehkan para tokoh tersebut. Tentu, mereka juga memiliki jasa yang besar untuk daerah ini,” tutur Arwin Mega. 

Ketua DPRK Aceh Tengah ini, mengaku sangat setuju bila penamaan gedung di IAIN Takengon, diambil dari nama-nama tokoh Gayo yang memiliki peran serta jasa yang besar sehingga bisa dikenang serta diketahui generasi muda serta generasi yang akan datang.

“Nanti mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di IAIN Takengon, tentu akan bertanya, mengapa nama para tokoh ini, disematkan untuk penamaan gedung. Secara tidak langsung, mereka juga akan mengerti dan tahu, jasa-jasa para tokoh itu, sehingga layaka namanya untuk diabadikan,” pungkasnya.(*)

Menterinya Terpapar Corona, PM Malaysia Muhyiddin Yassin Jalani Tes dan Hasilnya Negatif Covid-19

Ma’had Aly Darul Munawwarah dan UIN Ar-Raniry Teken MoU  

Menterinya Terpapar Corona, PM Malaysia Muhyiddin Yassin Jalani Tes dan Hasilnya Negatif Covid-19

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved