Breaking News:

Seribuan Pelaku Usaha Ikut Program BPUM Tahap II  

Sebanyak 1.081 pelaku usaha mikro dari Kota Banda Aceh mendaftar sebagai calon penerima bantuan pelaku usaha mikro (BPUM)

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Banda Aceh, Muhammad Nurdin SSos 

BANDA ACEH - Sebanyak 1.081 pelaku usaha mikro dari Kota Banda Aceh mendaftar sebagai calon penerima bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) tahap II. Pendaftaran secara online itu dilakukan, setelah Kementerian Koperasi dan UKM kembali membuka pendaftaran baru calon penerima bantuan Rp 2,4 juta.

“Jumlah yang mendaftar sangat banyak. Baru sehari dibuka, sudah 1.081 pelaku usaha mendaftar. Ini menandakan pelaku usaha mikro dimasa pandemi covid 19 ini, masih sangat membutuhkan tambahan modal,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin, Jumat (9/10/2020).

Dikatakan, info pembukaan kembali pendaftaran usulan calon penerima dana BPUM dari Kemenkop dan UKM, setelah terbitnya surat Menkop dan UKM Nomor 491/SM/X/2020 tertanggal 6 Oktober 2020 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Satu hari setelah menerima surat Menkop dan UKM itu, kata Nurdin, pihaknya langsung membuat pengumuman prihal yang sama, ke media online melalui link http://bit.ly/BPUMbnatahap2. Pendaftaran dibuka sampai akhir Nopember 2020.

Target dari calon penerima dana BPUM itu, sebutnya, pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), industri/usaha rumah tangga atau pelaku usaha yang miliki omzet  lebih kecil dari Rp 300 juta/tahun dan memiliki aset lebih kecil dari Rp 50 juta. “Baru satu hari kami buka, jumlah yang mendaftar sangat banyak, mencapai 1.081 pelaku usaha,” terangnya.

Sementara pada tahap I lalu, jumlah pelaku usaha yang mendaftar berkisar 5.000 peserta. Yang sudah ditetapkan sebagai penerima bantuan sekitar 4.456 pelaku usaha mikro.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM, Dr Wildan melalui Satker PPTK BPUM, Doni mengatakan, surat Menkop dan UKM tentang pembukaan pendaftaran usulan penerima dana BPUM tahap II sudah ditindaklanjuti dengan menerbitkan pengumuman secara online.

“Dari 23 kabupaten/ota, sudah tiga daerah yang menyampaikan salinan pengumuman online nya ke Dinas Koperasi dan UKM Aceh, yaitu Kota Banda Aceh, Aceh Singkil dan Aceh Selatan. Sementara daerah lain segera menyusul,” jelasnya.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved