Breaking News:

Berita Aceh Barat

Proyek Irigasi Lhok Guci Aceh Barat Dites Uji Coba, Aliri Air ke Areal Sawah

Balai Wilayah Sungai I Aceh – Sumatera bersama Pemerintah Aceh, Minggu (11/10/2020) melakukan tes uji coba Daerah Irigasi Lhok Guci di Aceh Barat

Penulis: Herianto | Editor: Muhammad Hadi
Foto Kiriman HT Ahmad Dadek
Asisten II Setda Aceh H T Ahmad Dadek, bersama Kadis PUPR Aceh Barat dan Pihak Balai Wilayah I Aceh Sumut, sedang berada di atas bendungan Irigasi Lhok Guci, Aceh Barat, Minggu (11/10/2020). 

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Balai Wilayah Sungai I Aceh – Sumatera bersama Pemerintah Aceh, pada Minggu (11/10/2020) melakukan tes uji coba Daerah Irigasi Lhok Guci di Aceh Barat.

Caranya mengaliri air irigasi ke areal sawah yang saluran penyalurannya sudah dibangun.

“Tes uji coba Daerah Irigasi Lhok Guci ini dilakukan dalam rangka peresmian pemakaian air yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2020 oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah,” kata Asisten II Setda Aceh H T Ahmad Dadek, dalam siaran pers kepada Serambinews.com, Senin (12/10/2020).

Dadek menjelaskan, uji coba fungsionalisasi DI Lhok Guci, Aceh Barat ini, akan dilakukan beberapa tahap.

Tahap I akan diuji untuk mengaliri areal seluas 400 hektar lebih dulu, yang melintasi empat desa di Kecamatan Pante Ceuremen.

Yaitu, Desa Babah Lueng, Desa Alue Keumang, Desa Babah Isueng dan Desa Menuang Kinco.

Baca juga: Pemohon Penghapusan Denda PKB dan BBKNB Meningkat Jelang Penutupan, Segera Siapkan Persyaratan Ini

Pola penyaluran air DI Lhok Guci ini melalui dua sisi, kanan dan kiri. Sisi kiri seluas 200 hektar, melintasi Desa Meunasah Kinco, dikelola oleh 5 kelompok tani.

Sisis kanan mengaliri 200 hektar, diantaranya 120 hektar di Desa Babah Lueng, 45 hektar Desa Alue Keumang dan 35 hektar Desa Babah Iseung  yang dikelola oleh 6 kelompok tani.

Baca juga: Selama PSBB Transisi Jilid 2 di Jakarta, Ini 10 Kegiatan yang Diperbolehkan dengan Persyaratan

Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Khudri mengatakan, menjelang pelaksanaan fungsionalisasi DI Irigasi Lhok Guci ini, ia berharapa hendaknya diikuti dengan kegiatan pengerasan badan jalan inspeksi menuju ke lokasi Bendungan DI Irigasi Lhok Guci.

Dinas PUPR Aceh Barat, kata Khudri, siap mendukung pengoperasian DI Lhok Guci itu, asal pelaksanaannya dilakukan, setelah badan jalan inspeksi yang rusak diperbaiki lebih dulu.

"Harapan ini kami sampaikan, karena kondisi badan jalan inspeksi DI Lhok Guci, saat ini berlubang dan pada saat musim hujan becek dan berlumpur," harapnya.

Pihak Balai Wilayah Sungai I – Aceh Sumatera, Iskandar mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sebaik mungkin, agar tidak mengecewakan masyarakat dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang akan meresmikannya pengoperasian DI Lhok Guci pada 20 Oktober 2020.

Baca juga: Viral Suami Payungi Istri Buka Pintu Mobil, Sempat Dikira Rusak Ternyata Mobil Orang Lain

Jadi, sebelum acara peresmian fungsionalisasi DI Lhok Guci itu, dilaksanakan, jalan inpeksi yang rusak, akan diperbaiki lebih dulu.  

Proyek pembangunan DI Lhok Guci ini, akan dituntaskan seluruhnya pada tahun 2022 mendatang.

Pada tahun itu, akan diresmikan pengoperasional seluruh jaringan irigasi oleh Presiden Joko Widodo.

“Proyek Lhok Guci ini, masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Aceh,” ujarnya.(*)        

Baca juga: Suami Terkejut dan Marah, Rekan Kerja Minta Izin Perkosa Istrinya Setelah Menginap di Rumah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved