Breaking News:

Dewan Perkuat Peran Mukim

Peran Pemerintah Mukim di Banda Aceh akan diperkuat, dengan wewenang yang lebih jelas dan dukungan anggaran dari pemerintah

FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Komisi I DPRK, Musriadi Aswad 

* Raqan Pemerintah Mukim Segera Disahkan

BANDA ACEH - Peran Pemerintah Mukim di Banda Aceh akan diperkuat, dengan wewenang yang lebih jelas dan dukungan anggaran dari pemerintah. Hal itu ditandai dengan rampungnya Rancangan Qanun (Raqan) Pemerintahan Mukim yang akan segera disahkan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh, Musriadi Aswad kepada Serambi, Kamis (15/10/2020). Musriadi menjelaskan, saat ini draft raqan pemerintahan mukim itu sudah selesai. Rencananya minggu depan akan diserahkan kepada pimpinan dewan untuk diparipurnakan.

“Raqan akan mencoba mengakomodir masukan semua pihak untuk dijadikan sebuah aturan hukum. Dalam raqan tersebut, fungsi dan wewenang pemerintahan mukim akan lebih jelas,” kata Musriadi.

Selain itu, kata Musriadi, melalui raqan itu juga struktur imum akan segera difungsikan di Banda Aceh. Nanti pelaksanaan pemerintahan mukim juga akan mendapatkan alokasi anggaran dari Pemko Banda Aceh melalui APBK.

Pada akhir September lalu, Komisi I DPRK Banda Aceh menggelar publik hering atau Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU). RDPU ini digelar untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran baik dari para tokoh masyarakat, imum mukin maupun stakeholder lainnya. Tujuannya untuk menyempurnakan raqan sebelum disahkan menjadi Qanun Kota Banda Aceh.

Dalam qanun itu disebutkan, jika imum mukim berperan emmbantu camat dalam mengkoordinasi penyelenggaraan pemerintahan gampong, pembangunan gampong, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, imum mukim juga berperan dalam penyelesaiaan sengketa adat hingga mengawasi pemilihan keuchik.

Di sisi lain, imuem mukim diberikan kewajiban untuk membina kerukunan umat beragama, kehidupan beragama, hingga pelaksanaan syariat islam di masyarakat.

Dalam draft Rancangan Qanun (Raqan) Pemerintahan Mukim yang akan segera disahkan, diatur jika imum mukim berperan juga dalam memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayahnya. Serta memelihara sumber daya alam (SDA) yang ada.

Dalam raqan itu, mukim juga diatur mukim sangat berperan dalam menyelesaikan persengketaan antargampong dan mukim. Sera memelihara nilai-nilai budaya dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh, Musriadi Aswad mengatakan, saat ini Raqan tersebut sudah masuk dalam tahapan finishing. Karena akan segera diserahkan kepada pimpinan DPRK banda Aceh untu dibawa ke sidang paripurna, untuk selanjutnya disahkan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved