Breaking News:

Berita Kutaraja

Guru Besar Unsyiah, Prof Yuswar Yunus Meninggal Setelah Terpapar Covid-19, Punya Riwayat Komorbid

Sebab, satu lagi dosen senior di universitas negeri tertua di Aceh itu meninggal usai terkonfirmasi positif Covid-19, yakni Prof Dr Ir Yuswar Yunus MP

SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Innalillahi wa innaa ilaihi rajiun. Keluarga besar Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali berduka.

Sebab, satu lagi dosen senior di universitas negeri tertua di Aceh itu meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif Covid-19, yakni Prof Dr Ir Yuswar Yunus MP.

Guru Besar Fakultas Pertanian (FP0 Unsyiah ini meninggal di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh pada Sabtu (17/10/2020) malam, setelah beberapa hari dirawat akibat Covid-19.

Kabar duka itu diterima Serambinews.com dari Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal Meng, Sabtu malam ini.

"Unsyiah sangat kehilangan atas kepergian beliau untuk selamanya. Semoga Allah mengampuni dosa dan menerima segala amal ibadahnya, serta menempatkan arwah Profesor Yuswar Yunus di tempat yang layak di sisi-Nya. Keluarga yang ditinggal, kami harapkan tabah dan sabar menghadapi cobaan ini," kata Samsul Rizal.

Baca juga: 12 Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Ronga-Ronga Tutup Sementara, Cuma Ruang Ini Buka

Baca juga: Divonis Corona, Keluarga Pasien Tolak Pemulasaran Jenazah Pakai Protokol Covid, Begini Sikap Satgas

Baca juga: Tips Makan Bersama Anak Masih Batita Hingga Usia Sekolah Sambil Mengajari Mereka Sopan Santun

Samsul juga menyebutkan, bahwa Prof Yuswar meninggal saat dalam perawatan khusus sebagai pasien Covid-19 di Ruang RICU RSUZA Banda Aceh.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unsyiah, Dr Ir Agussabti menambahkan, bahwa selain terpapar Covid-19, almarhum sebelumnya juga ada gangguan jantung dan diabetes.

Penjelasan Dr Agussabti itu untuk mempertegas bahwa Prof Yuswar Yunus memiliki komorbid (penyakit penyerta), di samping terinfeksi Covid.

Agussabti yang mantan dekan Fakultas Pertanian (FP) Unsyiah itu menerangkan, bahwa sebelum meninggal, Prof Yuswar menjabat Kepala Pusat Studi Mekanisasi Pertanian Unsyiah.

Ia juga Guru Besar pada Jurusan Teknik Pertanian FP Unsyiah dan pernah mengepalai UPT Percetakan atau Syiah Kuala University Press. Prof Yuswar juga pernah menjabat Ketua Pengurus Yayasan Leuser Indonesia Wilayah Aceh.

Baca juga: Resep Sayap Ayam Panggang Enak, Cocok untuk Siang, Silakan Dicoba

Baca juga: Ini Tips Memasak Mi Instan Agar Sehat dan Kandungan MSG Lenyap

Baca juga: Dirlantas Polda Aceh: Orangtua Tidak Boleh Memberikan Sepeda Motor untuk Anak-anak, Ini Sanksinya

Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak. Dua orang dari istri pertamanya, Ratna yang meninggal saat tsunami 2004, yakni Yuzan dan Yuza, satu lagi Yoanda dari istrinya yang sekarang, Wiwin.

Prof Yuswar merupakan dosen ketiga Unsyiah yang meninggal akibat Covid-19. Sebelumnya, Dr drh Razali MSi (Wakil Dekan 3 FKH Unsyiah) dan dr Imai Indra SpAn (Dosen Fakultas Kedokteran Unsyiah) yang berpulang karena Covid-19.

Ada juga satu lagi dosen Unsyiah yang meninggal di masa pandemi ini, yakni dosen FP Unsyiah bernama Dr Ir Didy Rahmadi MP pada 22 September 2020, di RSUZA.

Almarhum sempat terinfeksi Covid-19, tapi hasil swabnya sudah negatif sebelum mengembuskan napas terakhir di RSUZA Banda Aceh pada 22 September 2020.(*)

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved