Breaking News:

Berita Aceh Besar

Catat! Ini Cara Buat Sapi Cepat Gemuk, Babinsa Transfer Ilmu ke Peternak Sapi Lokal

Sertu Hesdin memanfaatkan ilmu yang didapat untuk membantu masyarakat menyukseskan usaha penggemukan sapi lokal.

For Serambinews.com
Babinsa Koramil 10/Peukan Bada membina peternak sapi lokal di Desa Lam Hasan, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu (18/10/2020). 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Peukan Bada membina peternak sapi lokal di Desa Lam Hasan, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu (18/10/2020).

Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, SSos didampingi Babinsa Koramil 10/Peukan Bada, Sertu Hesdin dalam rilisnya kepada Serambinews.com mengatakan, permintaan pasar terhadap ketersediaan daging sapi lokal sangat tinggi.

Kondisi itu, jelasnya, menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk mengambil bagian di sektor tersebut, sehingga masih banyak ditemukan masyarakat yang menggeluti usaha penggemukan sapi lokal.

Berbekal pengetahuan yang telah diberikan oleh Pusdikter TNI AD pada 2017 tentang teknis penggemukan sapi, Sertu Hesdin memanfaatkan ilmu yang didapat untuk membantu masyarakat menyukseskan usaha penggemukan sapi lokal.

Ia memberikan masukan kepada peternak hal-hal yang perlu dilakukan, serta apa saja langkah yang harus diperhatikan guna menjaga supaya ternak tetap sehat dan cepat gemuk.

"Dengan pemberian pakan hijau yang dikombinasikan dengan pakan konsentrat yang teratur, peningkatan bobot ternak akan cepat meningkat," ujar Sertu Hesdin, didampingi peternak sapi lokal, Mustafa.

Baca juga: Kisah Pilu Wanita Mantan TKI yang Tewas dalam Kamar, Mulutnya Berbusa Setelah Dikasih Air Kelapa

Baca juga: Didemo Rakyatnya, Ini 4 Kontroversi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang Gemar Foya-foya

Baca juga: Pengantin Wanita Bagikan Kisah Cintanya, Lama Berpisah dengan Pacar Pertama Hingga Menikah

"Banyak kendala kami di usaha penggemukan sapi lokal ini, terutama masalah bibit unggul hingga pemilihan kombinasi pemberian pakan yang tepat pada ternak. Hal ini karena kami masih menggunakan metode tradisional," keluh Mustafa kepada Babinsa.

Menurut Sertu Hesdin, banyak hal yang perlu diperbaiki untuk dapat meningkatkan produktivitas daging di peternakan masyarakat.

"Sehingga dirasa perlu adanya kegiatan penyuluhan dan pendampingan secara rutin kepada peternak lokal yang ada agar dapat meningkatkan tambahan pendapatan perekonomian bagi masyarakat," pungkasnya.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved