Breaking News:

Berita Politik

Mualem Dukung Pelantikan Nova, Wakil Ketua DPRA Ini Beri Apresiasi dan Sebut Sikap KAB Sudah Tepat

"Sikap ini harus didukung oleh teman-teman DPRA dari setiap fraksi yang tergabung dalam KAB,” kata politikus Partai Gerindra itu.

IST
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Safaruddin SSos MSP 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pimpinan DPRA mengapresiasi sikap Koordinator Koalisi Aceh Bermartabat (KAB), Muzakir Manaf alias Mualem yang menyatakan mendukung pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2020.

Wakil Ketua DPRA, Safaruddin kepada Serambinews.com, Kamis (22/10/2020), mengatakan, bahwa pernyataan Mualem tersebut sebagai sikap jiwa besarnya atas perbedaan pandangan politik yang terjadi selama ini.

“Atas nama kepentingan Aceh, terutama atas kemaslahatan rakyat, sikap KAB sudah tepat. Sikap ini harus didukung oleh teman-teman DPRA dari setiap fraksi yang tergabung dalam KAB,” kata politikus Partai Gerindra itu.

Terkait harapan Mualem yang meminta eksekutif dan legislatif untuk meningkatkan komunikasi politik yang baik supaya bisa harmonis kembali, menurut Safaruddin, itu harapan positif yang perlu ditindaklanjuti.

“Karena Mualem berkeinginan agar suasana Pemerintahan Aceh sejuk, dingin. Itu satu sikap yang dewasa, mudah-mudahan ini bisa terwujud dengan adanya komitmen dari masing-masing lembaga untuk menahan perdebatan politik yang di ruang publik itu menjadi tidak sehat,” ujarnya.

Baca juga: Mualem Dukung Pelantikan Nova Iriansyah, Tegaskan KAB tak Campuri Interpelasi DPRA

Baca juga: Nova dan Mualem Temui Ketua Umum KONI Pusat, Laporkan Kesiapan Aceh Menjadi Tuan Rumah PON XXI

Baca juga: Koalisi Aceh Bermartabat Dukung Pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Definitif Aceh

Kendati demikian, lanjut Safaruddin, menahan perdebatan politik bukan berarti melepas hak-hak yang dimiliki anggota DPRA dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja dan kebijakan Pemerintah Aceh.

Sebelumnya diberitakan, Koordinator KAB, Muzakir Manaf (Mualem) menegaskan mendukung penuh pelantikan Nova Iriansyah sebagai gubernur definitif Aceh menggantikan Irwandi Yusuf.

Dukungan itu diberikan setelah keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Ir Nova Iriansyah MT sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022.

Keppres Nomor 95/P Tahun 2020 ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada 15 September 2020.

"Kami parpol yang tergabung dalam KAB mendukung sepenuhnya pelantikan gubernur definitif Aceh yang rencananya dilakukan dalam Sidang Paripurna DPRA," kata Mualem melalui Juru Bicara KAB, Hendri Yono kepada Serambinews.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Mediasi belum Temui Titik Temu, Tuntutan Pelunasan Upah Karyawan Mengambang Gara-gara Hal Ini

Baca juga: Cristiano Ronaldo Masih Positif Covid-19 Berdasarkan Hasil Tes Terbaru

Baca juga: Fakta Ibu Hamil 7 Bulan Tewas di Kontrakan, Korban Luka di Wajah dan Leher, Polisi Buru Pelaku

Mengenai jadwal pelantikan, Mualem menyerahkan, sepenuhnya kepada pimpinan dan anggota DPRA untuk menetapkannya.

"Kami serahkan kepada pimpinan dan anggota DPRA. Sekali lagi, kami tegaskan pimpinan partai tidak menghambat. Silakan," tegas Mualem.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved