Breaking News:

Mihrab

Alvia, Alumni Darul Ihsan Raih Syahadah Markas Kahilah di Mesir  

Pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke -VI 2020, salah satu alumni santri asal Aceh, Alvia Hasli Ramadhan berhasil meraih syahadah (ijazah)

SERAMBINEWS.COM/Handover
Alvia Hasli Ramadhan, santriwati alumnus Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Siem, Darussalam, Aceh Besar, meraih syahadah (ijazah) dari Markaz Kahilah li al-Dirasat al-Qur’aniyyah, di kawasan Hayy Sabi’, Kairo, Mesir, 21 Oktober 2020. 

KAIRO - Pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke -VI 2020, salah satu alumni santri asal Aceh, Alvia Hasli Ramadhan berhasil meraih syahadah (ijazah) dari Markaz Kahilah li al-Dirasat al-Qur’aniyyah, di kawasan Hayy Sabi’, Kairo, Mesir, Rabu (21/10/2020).

Alvia merupakan salah seorang alumni Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Siem, Darussalam, Aceh Besar yang sedang kuliah di Universitas al-Azhar Kairo. Syahadah prestisius tersebut diserahkan langsung oleh pimpinan Markaz Kahilah li al-Dirasat al-Qur’aniyyah, Syaikh Muhammad Dasuqi Amin Kahilah. Selain itu, ia mendapatkan izin langsung mengajarkannya kepada masyarakat umum ilmu qiraat secara bersanad. Syaikh Kahilah dikenal sebagai penulis kitab an-Nuqat al-Hasan fi Dhabti wa Tajwidi Alqur’an.

“Selain sebagai penulis produktif bidang Tajwid, Qiraat, dan Ulumul Quran, beliau juga pemegang sanad qiraah ‘asyarah sugra  dan kubra, serta salah seorang dosen di Alquran wa al-Qiraat wa Ulumiha  di Universitas al-Azhar al-Syarif.” terang Ustazah Zakiah Zainul Lc MA selaku guru Alvia di dayah Darul Ehsan.

Adapun tahapan yang dilalui alumni Darul Ihsan asal Nagan Raya ini, bukan perkara mudah untukbisa meraih syahadah.

Dalam prosesnya, Alvia menyelesaikan hafalan sekira 1 tahun 3 bulan, dengan proses tahsin dan qiraat yang ketat dari para pengajar di markas Kahilah. Kegiatan juga dibarengi tafsir ayat-ayat yang sulit dipahami dan rasm Alquran (ilmu yang mempelajari tentang penulisan mushat Alquran).

“Namun syukur alhamdulillah berkat inayah Allah swt, doa guru dan orang tua, bisa tercapai sebagaimana mestinya.” tambah Zakiah, guru Dayah Darul Ihsan.

Ketua Yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Tgk H Musannif menyambut bahagia atas capaian Alvia. “Dan kami juga menerima berita dari Kairo via whatshapp insya Allah dalam waktu dekat, akan disusul juga oleh Alumni Darul Ihsan bernama Filzah Jannati,” ujarnya.

Dengan capaian ini, semoga bisa termotivasi bagi santri Darul Ihsan dan santri Aceh dan Indonesia untuk  belajar dan mendalami ilmu qiraat. Karena ilmu ini masih sangat langka dan asing khususnya di kalangan masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya.

“Karena Kahilah disamping  menghafal Alquran, mengkaji, serta mendalami luasnya makna yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya sekedar hafal layaknya makhad tahfiz kita di Nusantara,” ujar Musannif.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved