Breaking News:

Jadwal Pelantikan Nova Iriansyah Ditentukan Hari Ini  

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, yang dikonfirmasi Serambi, Kamis (22/10/2020), mengatakan, pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh Sisa Masa

FOTO IST
Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin 

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, yang dikonfirmasi Serambi, Kamis (22/10/2020), mengatakan, pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh Sisa Masa Jabatan 2017-2020 tetap diproses dan tidak ada niat sedikit pun dari DPRA untuk menghambatnya. Bahkan, sebut Dahlan, pihaknya sudah mengagendakan jadwal rapat Badan Musyarawah (Banmus) DPRA untuk membahas penetapan jadwal pelantikan Nova.

"Soal sikap kita terhadap tahapan pelantikan (Nova), tadi (kemarin-red) kita sudah duduk dengan semua pimpinan fraksi, kita akan menjadwalkan paripurna pelantikan," kata Dahlan di ruang kerjanya.

Mengenai jadwal pelantikan, Dahlan mengatakan, hal itu akan ditetapkan melalui rapat Banmus yang dilaksanakan Jumat (23/10/2020) hari ini. Penetapan jadwal pelantikan akan disesuaikan dengan jadwal Mendagri. "Tapi, soal jadwal pelantikan juga tergantung dengan jadwal menteri. Sebab, yang melantik adalah Mendagri atas nama Presiden dalam paripurna DPRA. Jadi, tidak ada alasan apapun disitu," tegas Dahlan.

Pada kesempatan itu, Dahlan juga meluruskan opini publik yang berkembang selama ini bahwa seakan-akan DPRA memperlambat proses pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur definitif.

Isu itu, menurut Dahlan, sengaja dilempar ke publik di tengah ketidakharmonisan hubungan antara DPRA dengan Pemerintah Aceh.

Tapi, Dahlan menepis isu tersebut dan menegaskan DPRA tak ada niat sedikitpun memperlambat proses pelantikan Nova. "Cuma, yang perlu diingat adalah ada persoalan dalam penyelenggaran pemerintahan di Aceh, terutama terkait keterbukaan informasi dan tata kelola administrasi pemerintahan yang baik," demikian Dahlan Jamaluddin.  

Sementara itu, Wakil Ketua DPRA, Safaruddin, mengatakan menurut informasi yang diterimanya dari Kemendagri, Menteri Tito Karnavian, akan ada waktu pada minggu pertama November mendatang. "Tapi, beliau juga komit untuk berkoordinasi dulu dengan DPR supaya  jadwalnya sinkron," katanya. (mas)  

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved