Breaking News:

Luar Negeri

Kisruh Politik Malaysia Memanas, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin Akan Terapkan Darurat Nasional

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dilaporkan oleh berbagai media lokal akan mendeklarasikan keadaan darurat

Editor: Faisal Zamzami
FAMER ROHENI / MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION / AFP
Muhyiddin Yassin, Perdana Menteri Malaysia ke-8 dilantik dan diambil sumpah jabatannya, Minggu (1/3/2020). PM Malaysia ini mengumumkan lockdown negaranya selama 2 minggu. 

SERAMBINEWS.COM, KUALA LUMPURPerdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dilaporkan oleh berbagai media lokal akan mendeklarasikan keadaan darurat atau state of emergency Jumat malam ini (23/10/2020).

Keputusan untuk mendeklarasikan keadaan darurat disetujui oleh kabinet yang menggelar sidang darurat pagi hari ini, menurut laporan The Malaysian Insight.

Ikut hadir dalam sidang kabinet adalah Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia, Kepala Kepolisian Malaysia, dan Jaksa Agung.

Adapun keadaan darurat disebutkan untuk menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19 yang kembali melesat tinggi di Malaysia, serta mengakhiri kemelut politik perebutan kekuasaan yang melanda "Negeri Jiran”.

Menunggu restu Raja

Malaysia Muhyiddin sendiri saat ini sedang beraudiensi dengan Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah di Istana Abdulaziz di Kuantan, Pahang.

Perdana Menteri berusia 73 tahun itu akan menyampaikan proposal rencana deklarasi darurat dan juga pembekuan atau pembubaran parlemen kepada Sultan Abdullah.

Keadaan darurat akan memberikan kekuasaan tidak terbatas kepada Muhyiddin untuk memerintah, dengan dekrit di mana dia tidak memerlukan persetujuan parlemen untuk mengeksekusi kebijakannya.

Kemungkinan lain adalah Sultan Abdullah mengambil alih kekuasaan dan memerintah dengan petunjuk dari kabinet darurat.

Keputusan akhir ada di tangan Raja berusia 61 tahun itu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved