Breaking News:

Mualem Dukung Pelantikan Nova

Koordinator Koalisi Aceh Bermartabat (KAB), Muzakir Manaf (Mualem), menegaskan, pihaknya mendukung penuh pelantikan Ir Nova Iriansyah MT

DOK SERAMBINEWS.COM
MUZAKIR MANAF, Koordinator KAB 

* Sebagai Gubernur Aceh Sisa Masa Jabatan 2017-2020

BANDA ACEH - Koordinator Koalisi Aceh Bermartabat (KAB), Muzakir Manaf (Mualem), menegaskan, pihaknya mendukung penuh pelantikan Ir Nova Iriansyah MT sebagai Gubernur Aceh Sisa Masa Jabatan 2017-2022, menggantikan drh Irwandi Yusuf MSc. Dukungan itu disampaikan Mualem setelah keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022. Keppres Nomor 95/P Tahun 2020 ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo, pada 15 September 2020.

"Kami dari parpol yang tergabung dalam KAB mendukung sepenuhnya pelantikan Gubernur definitif Aceh yang rencananya berlamngsung dalam sidang paripurna DPRA," kata Mualem melalui Juru Bicara KAB, Hendri Yono, kepada Serambi, Kamis (22/10/2020).

Mengenai jadwal pelantikan, Mualem menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan dan anggota DPRA untuk menetapkannya. "Kami serahkan kepada pimpinan dan anggota DPRA. Sekali lagi kami tegaskan bahwa pimpinan partai tidak menghambat. Silakan," tegas Mualem.

Mualem yang juga Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA-PA) ini menambahkan, terkait agenda interpelasi terhadap Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang sedang bergulir di DPRA dan kini sudah meningkat ke hak angket, Mualem mengatakan, KAB tidak masuk ke ranah tersebut.

"Kami tidak mencampuri urusan internal DPRA. Kami yang berada dari luar gedung DPRA hanya menyarankan supaya perlu ada peningkatan komunikasi politik yang baik, supaya bisa harmonis antara eksekutif dan legislatif sesuai porsi yang dimiliki," tambahnya.

Ia meminta kedua lembaga untuk menjalin hubungan kemitraan. Apalagi, sesuai aturan bahwa DPRA merupakan unsur penyelenggara pemerintahan di Aceh. "Tanpa ada  komunikasi yang baik,iya pastilah memilih jalan sendiri-sendiri," ujar Mualem sebagaimana disampaikan Hendri Yono.

Mualem juga mengingatkan DPRA agar pada akhir tahun 2020 ini fokus menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya terhadap beberapa rancangan qanun agar dapat menjadi produk hukum baru yang nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Aceh. "Kami juga mendorong anggota dewan untuk mengawasi penggunan dana APBA, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun untuk penanganan Covid-19," demikian Mualem.

Pimpinan DPRA mengapresiasi sikap Koordinator KAB, Muzakir Manaf alias Mualem. Wakil Ketua DPRA, Safaruddin mengatakan, pernyataan Mualem sebagai sikap jiwa besarnya atas perbedaan pandangan politik yang terjadi selama ini. "Atas nama kepentingan dan kemaslahatan rakyat, sikap KAB sudah tepat. Sikap ini harus didukung oleh teman-teman DPRA dari semua fraksi yang tergabung dalam KAB," kata Safaruddin kepada Serambi, kemarin.

Dukungan terhadap sikap Mualem juga disampaikan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali. "Saya kira, kita sangat menghargai dan mengapresiasi ajakan dan dorongan Mualem terkait pelantikan Pak Nova sebagai Gubernur Aceh yang definitif," katanya.

Kalaupun ada perbedaan pandangan politik dalam kebijakan Pemerintah Aceh selama ini, menurut Tgk Faisal, hal tersebut adalah masalah lain yang tak ada kaitannya dengan pelantikan.

"Dukungan Mualem itu merupakan hal yang luar biasa. Itu bentuk respons Mualem tentang keacehan. Perbedaan kemarin itu hanya pada kebijakan bukan pada subtansi," ujar Wakil Ketua MPU Aceh yang akrab disapa Lem Faisal, ini.

Lem Faisal juga mengungkapkan, proses pelantikan merupakan suatu keharusan dan tidak boleh dinafikan. Bisa jadi, sebut Tgk Faisal Ali, pelantikan ini menjadi momen mencairkan komunikasi yang beku di antara ke dua lembaga tersebut.

"Jadi, momen pelantikan Pak Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh mudah-mudahan bisa mencairkan komunikasi antara para pihak yang selama ini berseberangan. Dan, sikap Mualem perlu kita berikan apresiasi," demikian Tgk Faisal Ali. (mas) 

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved