Breaking News:

Hubungan Luar Negeri

Penamaan Jalan Presiden Joko Widodo di UEA Tidak Mengubah Sikap Indonesia terhadap Palestina

UEA menjadikan Presiden Joko Widodo sebagai nama sebuah ruas jalan di Abu Dhabi untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

Instagram/jokowi
Jalan Presiden Joko Widodo Abu Dhabi 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Uni Emirat Arab (UEA) jangan mengubah sikap Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel, kata para ahli hubungan internasional.

Ramdhan Muhaimin, pengamat hubungan internasional Universitas Al Azhar Indonesia, mendesak Indonesia tetap mendorong Palestina merdeka menyusul beberapa negara blok Arab – termasuk UEA – kini memperkuat hubungan dengan Israel setelah normalisasi.

“Pembelaan kepada Palestina yang terjajah adalah amanat konstitusi dan sejarah,” ujar Ramdhan, Kamis (22/102020).

UUD 1945 mengamanatkan bahwa kemerdekaan adalah hak setiap bangsa dan penjajahan di atas muka bumi harus dihapuskan.

Ramdhan meyakini pemberian nama jalan itu lebih memiliki motif ekonomi mengingat Indonesia telah membeli 20 juta vaksin Covid-19 dari negara Arab itu.

Presiden Jokowi, kata Ramdhan, memang kini mulai mendekati negara-negara Timur Tengah untuk menjalin hubungan ekonomi.

“Tapi meski begitu, sikap Indonesia tidak boleh berubah soal kemerdekaan Palestina,” ucap dia.

Senin lalu, UEA menjadikan Presiden Joko Widodo sebagai nama sebuah ruas jalan di Abu Dhabi untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

Peresmian itu dilakukan oleh anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan dihadiri Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis.

Pengamat Timur Tengah Universitas Indonesia, Sya’roni Rofii, menyampaikan langkah UEA mengabadikan nama Presiden Joko Widodo sebenarnya untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, sebab Indonesia-UEA telah menyepakati poin kerja sama menyangkut ekonomi sejak Januari 2020.

Namun demikian, kata Sya’roni, Uni Emirat Arab tetap memiliki kecenderungan membawa Indonesia ikut dalam gerbong yang bersikap lunak terhadap Israel.

“UEA dalam posisi mengirim sinyal kepada kawasan bahwa UAE-Indonesia memang dekat. Sekaligus berharap Indonesia ikut arah kebijakan UEA di kawasan,” ucap dia kepada Anadolu Agency pada Kamis.

Halaman
1234
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved