Breaking News:

BLT Dana Desa Disalurkan Hingga Desember    

Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani meminta perangkat gampong supaya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa

Editor: bakri
For Serambinews.com
Mulyadi SH, Kepala DPMGP-KB Bireuen 

BIREUEN - Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani meminta perangkat gampong supaya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa hingga Desember 2020. Penyaluran dana untuk warga miskin Rp 300 ribu/bulan dapat disalurkan jika gampong masih tersedia anggaran.

“Bila dana desa tak ada lagi atau sudah habis, maka tidak dipermasalahkan. Gampong itu boleh tidak menyalurkan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB), Mulyadi SH didampingi Kabid Pemerintahan Kemukiman dan Gampong, Muhammad Jamil SPd kepada Serambi, Jumat (23/10/2020).

Sebaliknya, tambah Mulyadi, bila pemerintah gampong masih tersedia anggaran maka dapat menyalurkan BLT dana desa  Rp 300 ribu  untuk Oktober, November dan Desember. Kebijakan tersebut  sesuai surat edaran Bupati Bireuen Nomor : 900/gub/2020 tanggal 19 Oktober 2020, ujar Mulyadi. 

Edaran Bupati Bireuen nomor 826 tahun 2020  tentang penggunaan dana desa untuk pencegahan Covid-19 sekaligus penguatan ekonomi masyarakat. Dalam edaran itu disebutkan sasaran penerima BLT adalah keluarga miskin non program keluarga. BLT dapat disalurkan sepanjang dana desa tahun 2020 masih tersedia. Keluarga penerima manfaat (KPM) BLT dana desa mengikuti data sebelumnya kecuali diubah melalui musyawarah desa khusus.

Bagi pemerintah gampong yang masih tersedia dana desa dapat melakukan penyaluran BLT kepada masyarakat miskin untuk bulan berikutnya sesuai ketentuan yang berlaku. “Andai dana tidak tersedia lagi tidak ada masalah. Ada beberapa desa di Bireuen yang tidak menyalurkan BLT untuk bulan Oktober, November dan Desember, karena anggaran sudah habis. Bahkan, mereka sudah disampaikan ke dinas,” pungkas Mulyadi.(yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved