Breaking News:

Gampong Sangat Tertinggal Menurun Tajam di Aceh, Dampak dari Penyaluran Dana Desa

Ada tujuh kabupaten/kota tanpa gampong sangat tertinggal, yaitu Aceh Besar, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, dan Langsa

Penulis: Yocerizal | Editor: Yocerizal
Serambinews.com
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh, Azhari, menyampaikan paparannya dalam acara Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) se-Aceh, yang berlangsung di Hotel Grand Permatahati, Banda Aceh, Senin (26/10/2020). 

Gampong Sangat Tertinggal Menurun Tajam di Aceh, Dampak dari Penyaluran Dana Desa

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Jumlah gampong dengan status sangat tertinggal di Aceh mengalami penurunan tajam sejak program Dana Desa diluncurkan tahun 2015 silam.

Penurunan jumlah gampong dengan status sangat tertinggal itu juga dibarengi dengan peningkatan jumlah gampong dengan status maju dan gampong mandiri.

Hal itu diketahui berdasarkan Indek Desa Membangun (IDM) yang diterbitkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) belum lama ini.

“IDM itu merupakan alat untuk mengukur perkembangan status kemandirian desa, yang dikeluarkan oleh Kemendes PDTT,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh, Azhari.

Hal itu disampaikannya dalam acara Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) se-Aceh, yang berlangsung di Hotel Grand Permatahati, Banda Aceh, Senin (26/10/2020).

Azhari menyebutkan, pada tahun 2017, jumlah gampong sangat tertinggal ada sebanyak 561, 2018 turun menjadi 328, dan 2019 turun lagi menjadi tinggal 206. Untuk desa dengan status tertinggal di tahun yang sama, dari 3.624 turun menjadi 2.856, dan turun lagi menjadi 2.404.

Baca juga: Enam Kabupaten/Kota Raih Penghargaan Tercepat Salurkan Dana Desa dan BLT, Ini Daftar Nama-namanya

Baca juga: BLT Dana Desa Disalurkan Hingga Desember    

Baca juga: Begini Persyaratan yang Harus Dilengkapi Keuchik untuk Pencairan Dana Desa Tahap Ketiga

“Ada tujuh kabupaten/kota yang tanpa gampong sangat tertinggal, yaitu Aceh Besar, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, dan Langsa,” sebut Azhari.

Selanjutnya gampong berkembang, dari 2.138 tahun 2017, naik menjadi 2.959 dan naik lahi menjadi 3.458 di tahun 2019. Peningkatan juga terjadi untuk gampong yang berstatus maju, dari 161, bertambah menjadi 336, dan 2019 sudah mencapai 397 gampong.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved