Breaking News:

Kupi Beungoh

Perayaan Maulid dan Muhasabah Cinta Nabi

Pada 12 Rabiul Awal, umat Islam memperingati peristiwa agung lahirnya baginda Rasulullah SAW atau yang dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW

FOR SERAMBINEWS.COM
Muhammad Nasril Lc MA, Humas Dayah Insan Qur'ani 

Oleh: Muhammad Nasril, Lc. MA *)

Saat ini kita sudah memasuki bulan Rabiul Awal 1442 H. Pada 12 Rabiul Awal, umat Islam memperingati peristiwa agung lahirnya baginda Rasulullah SAW atau yang dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun, kondisi  saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya sebelum memasuki pertengahan Rabiul Awal, syiar maulid sudah mulai terlihat. Tapi tidak untuk tahun  ini, gaungnya tak semeriah biasanya, ia berjalan biasa saja. 

Hal ini bisa jadi karena kita sedang diuji dengan wabah penyakit yang hampir merata di seluruh dunia, yaitu virus Corona (Covid-19). 

Sungguh, wabah Covid-19 ini telah menyita perhatian semua pihak di seluruh dunia. Berbagai aktifitas rutin sudah berbeda. Sekarang,  kita terbiasa dengan kehidupan new normal.

Keadaan ini masuk dalam kondisi darurat. Berbagai kebijakan pemerintah dan juga non-pemerintah tertuju untuk bersama-sama mencegah penyebaran wabah ini.

Baca juga: Simak, 10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Maulid Nabi Muhammad SAW, Jangan Terlewat Keberkahannya

Kondisi itu pula yang mempengaruhi kondisi psikologi masyarakat. Perasaan khawatir, cemas dan rasa was-was terhadap penyebaran penyakit tersebut membuat masyarakat saat ini lebih fokus pada covid-19 daripada kegiatan lainnya. Termasuk, dalam peringatan Maulid Baginda Rasulullah SAW.

Umat Islam di dunia biasa melaksanakan perayaan maulid dengan cara yang bervariasi. Bahkan, di Aceh perayaannya sampai tiga bulan. Tradisi perayaan ini  berbeda di antara umat-umat Islam, tergantung daerah masing-masing.

Sebagian daerah merayakannya dengan majelis ilmu dalam bentuk dakwah, pengajian di masjid atau di kantor-kantor. Sebagian daerah lain merayakan dengan kenduri, kemudian pada malamnya dilanjutkan dengan dakwah dari da’i-da’i ternama di daerah tersebut. 

Halaman
1234
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved