Breaking News:

Lusa, Nova Dilantik Jadi Gubernur

Presiden RI, Joko Widodo, sudah menandatangani persetujuan pelantikan Ir Nova Iriansyah MT sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022

Editor: bakri
For Serambinews.com
Wakil Ketua DPRA, Safaruddin. 

* Mendagri Hadir ke Aceh

BANDA ACEH - Presiden RI, Joko Widodo, sudah menandatangani persetujuan pelantikan Ir Nova Iriansyah MT sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022 pada Kamis (5/11/2020) lusa. Nova dilantik dalam rapat paripurna DPRA oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, atas nama Presiden.

Nova yang saat ini masih menjabat Plt Gubernur Aceh sejak 5 Juli 2018 akan dilantik untuk menggantikan posisi drh Irwandi Yusuf MSc yang sudah diberhentikan karena terbukti terlibat dalam kasus suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

Informasi ini disampaikan secara khusus oleh Wakil Ketua DPRA, Safaruddin kepada Serambi, Senin (2/11/2020) tadi malam melalui telepon dari Jakarta. "Pak Tito dipastikan hadir ke Aceh untuk pelantikan pada tanggal 5 (November 2020) setelah mendapatkan persetujuan Persiden hari ini (kemarin)," katanya.

Kabar tersebut, kata Safaruddin, disampaikan oleh Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kemendagri, Andi Batara Lifu, kepada tim DPRA dan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) seusai melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Mochamad Ardian N.

"Untuk persiapan (pelantikan Gubernur Aceh), tadi dipanggil tim eksekutif dan DPRA untuk ketemu beliau. Dan beliau menyampaikan sudah dipastikan bahwa Pak Tito yang akan hadir melantik gubernur definitif pada tanggal 5, hari Kamis ini," ujar politikus Partai Gerindra ini.

Safaruddin mengaku, lembaganya siap melakukan persiapan pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022. Karena pelantikan ini berlangsung dalam suasana Covid-19, sudah pasti pelantikan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Karena memang waktunya cukup mendasak, kita maksimalkan persiapan walaupun kita tidak punya ekspektasi besar karena suasana sedang covid, kemudian range waktu yang diberikan juga kecil. Makanya kita akan melakukan persiapanan semampu kita," ujar Safaruddin.

Konsultasi soal RAPBA

Sebelum melakukan pertemuan dengan Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kemendagri, Andi Batara Lifu, tim DPRA dan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Mochamad Ardian N.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved