Breaking News:

Tarif Tol Segera Diberlakukan

Bagi masyarakat yang selama ini menggunakan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli (Sibanceh) seksi IV Blangbintang-Indrapuri, siap-siap merogoh

Editor: bakri
DOK/SATKER JALAN TOL
Kendaraan warga melintas di ruas Jalan Tol Banda Aceh-Sigli 

* Menteri PUPR Terbitkan Besaran Nominalnya

BANDA ACEH - Bagi masyarakat yang selama ini menggunakan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli (Sibanceh) seksi IV Blangbintang-Indrapuri, siap-siap merogoh kocek. Pasalnya dalam waktu dekat ini pihak pengelola jalan bebas hambatan itu akan mulai memberlakukan tarif.

Hal itu sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono. Melalui SK Nomor 1552/KPTS/2020 tertanggal 27 Oktober 2020, Menteri PUPR sudah menerbitkan tarif  Jalan Tol Sibanceh seksi IV Blangbintang-Indrapuri sepanjang 14 Km.

Tarif tol untuk rute tersebut dibagi dalam lima jenis golongan. Golongan I, terdiri dari mobil sedan, jip, pikap, truk kecil dan bus, dikenakan tarif sebesar Rp 16.000/unit. Sementara untuk golong II yaitu truk dengan dua gandar (gerdang) tarifnya Rp 24.000, golongan III truk dengan tiga gandar Rp 24.000, golongan IV truk dengan 4 gandar Rp 32.000 dan golongan V truk dengan 4 gandar Rp 32.000.

“Tarif tol seksi 4 itu akan diberlakukan, 14 hari setelah SK diterbitkan atau sekitar tanggal 10 Nopember 2020 mendatang,“ kata Branch Manajer Ruas Jalan Tol Sibanceh PT Hutama Karya (Pesero), Jarot Seno Wibawa, kepada Serambi seusai melakukan audiensi dengan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, di Pendopo Gubernur Aceh, Senin (2/11/2020).

Dijelaskan, selama ini jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan tol seksi Blangbintang-Indrapuri sebanyak 1.650 unit. “Dari jumlah itu, terbanyak yang melintasi jalan tol seksi tersebut adalah kendaraan golongan satu sebesar 79 persen atau 1.303 unit. Sementara untuk golongan II 7 persen, golongan III dan 1 persen kenderaan golongan IV dan V,” terang Jarot.

Ini artinya, kata Jarot, jalan tol seksi IV Blangbintang-Indrapuri masih didonimasi  kendaraan golongan I. Dia optimis angka tersebut akan terus meningkat setelah pembangunan jalan tol seksi lainnya selesai 100 persen dan difungsikan dan dioperasionalkan.

Asisten II Setda Aceh, HT Ahmad Dadek mengatakan, Pemerintah Aceh terus memberikan dukungan penuh untuk percepatan penyelesaian pembangunan jalan tol seksi lainnya. “Semakin cepat Jalan Tol Banda Aceh-Sigli selesai, semakin baik,” katanya.

Dukungan penuh untuk percepatan pelaksanaan penyelesaian pembangunan proyek jalan tol di Aceh, tidak hanya untuk ruas Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 Km. Untuk jalan tol ruas Langsa-Binjai  sepanjang 96 Km juga sudah kita selesaikan persiapan untuk pelaksanaan pengadaan tanahnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengaku sangat berterimakasih kepada pihak PT Hutama Karya (Persero) yang sudah melakukan sosialisasi penggunaan jalan bebas hambatan tersebut dengan memberikan pelayanan gratis.

Ia berharap, melalui sosialisasi yang diberikan akan memberikan dampak yang baik pada pembangunan ruas jalan tol Sibanceh sehingga dapat digunakan secepat mungkin.(dan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved