Breaking News:

Berita Bireuen

BUMG Rheum Timu Kembangkan Usaha Udang Vaname

Di Desa Rheum Timu, Simpang Mamplam, Bireuen perangkat desa mengelola tambak udang sebagai salah satu usaha BUMG.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Desa Rheum Timu, Simpang Mamplam, Bireuen sejak beberapa bulan lalu mengembangkan atau budidaya tambak udang vaname intensif di salah satu desa terdekat kawasan itu. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Hampir seluruh desa di Bireuen sudah membentuk Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) untuk mengembangkan potensi desa, mengembangkan sektor ekonomi, pertanian maupun jasa lainnya dengan tujuan memperoleh pendapatan bagi desa dan menampung tenaga kerja.

Sebagian BUMG berjalan lancar dan ada juga BUMG perlu dukungan agar lebih berkembang dan dapat meningkatkan pendapatan bagi desa dan juga bagi masyarakat.

Di Desa Rheum Timu, Simpang Mamplam, Bireuen perangkat desa mengelola tambak udang sebagai salah satu usaha BUMG desa, tambak udang berada di Desa Rheum Baroh, kecamatan setempat.

Keuchik Rheum  Timu, Firdaus (49) yang ditemani sejumlah warga lainnya kepada Serambinews.com, Selasa (10/11/2020) di kawasan Rheum Baroh tempat usaha tambak dikelola mengatakan, asal usul muncul ide kelola tambak intensif udang vaname hasil musyawarah desa lima bulan lalu.

Dalam rapat muncul gagasan memanfaatkan dana desa untuk dikelola antara lain pertokoan,  peternakan, pupuk pertanian, dalam pembahasan muncul usulan BUMG desa mengembangkan dan membudidaya udang vaname.

“Kesimpulan warga menyepakati sebagian dana desa digunakan untuk kelola tambak udang dengan modal awal Rp  250 juta disertai perjanjian,” ujarnya.

Akhirnya program dijalankan dan saat ini sudah berusia lima bulan, udang vaname diperkirakan panen dalam waktu dekat. Luas tambak milik desa berupa lahan disewa dari pihak lain mencapai 2600 meter dibagi dua petak.

Amatan Serambinews.com, kawasan yang berjarak sekitar 3 KM dengan jalan nasional kawasan Keude Simpang Mamplam terdapat puluhan hektar tambak udang vaname secara intensif, artinya tambah berlantai plasti, sumber air dari sumur bor.

Deru suara kincir angin sebagai pemasok oksigen bagi udang terdengar jelas, hampir setiap tambak udang terdapat belasan kincir angin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved