Breaking News:

Komisi Informasi Aceh

Gubernur Nova Iriansyah Lantik Anggota Komisi Informasi Aceh

Anggota Komisi Informasi Aceh yang dilantik hari ini untuk dapat melanjutkan keberhasilan yang di­capai komisioner sebelumnya

Editor: IKL
For Serambinews.com
Gubernur Nova Iriansyah Lantik Anggota Komisi Informasi Aceh 

Komitmen Keterbukaan Informasi Publik

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk 5 orang anggota Komisi Informasi Aceh (KIA) periode 2020-2024 hasil seleksi uji kepatutan dan ke­layakan yang dilakukan DPR Aceh. Pelantikan dilakukan di Anjong Mon Mata, Meuligoe Gubernur, Banda Aceh, Senin (9/11/2020).

Kelima komisioner tersebut adalah Arman Fauzi, Hj. Nurlaily Idrus, SH, MH, Muslim Khadri, MSM, Andi Rahmadsyah, dan Muham­mad Hamzah.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Komisi Informasi Aceh merupakan amanat rakyat yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Ke­terbukaan Informasi Publik

“Undang-Undang ini menga­tur tentang hak-hak publik dalam mendapatkan informasi, dengan adanya keterbukaan ini diharap­kan sistem pemerintahan dan ki­nerja badan publik berjalan trans­paran sehingga berbagai potensi penyelewengan kekuasaan dapat kita cegah, dapat kita hindari Ber­sama,” ujarnya.

Nova mengungkap, tidak semua informasi yang ada di lem­baga berbadan hukum wajib disampaikan kepada publik.

Ada beberapa informasi yang ter­golong mendapat pengecualian seperti informasi yang berkaitan dengan rahasia negara, berkaitan dengan penyelidikan, yang berkai­tan dengan perlindungan atas hak kekayaan intelektual dan lain-lain.

Batasan-batasan ini, lanjut Nova, tentunya berpotensi mela­hirkan sengketa.

Untuk itulah Undang-Undang ini mewajibkan dibentuknya Komisi Informasi di tingkat pusat maupun provinsi.

Da­lam hal ini kita sangat bersyukur, sebab sejak Juni 2012, Komisi In­formasi Aceh telah menjalankan tugasnya di wilayah ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved