Breaking News:

Berita Luar Negeri

Cara Rusia Perkuat Pengaruh di Afrika, Bangun Fasilitas Angkatan Laut Baru di Sudan

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Senin (16/11/2020) akhirnya menyetujui rencana pembangunan fasilitas angkatan laut baru di Sudan.

Editor: Muhammad Hadi
Vasily Maximov/AFP
Kapal Induk Rusia, Admiral Kuznetsov 

SERAMBINEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Senin (16/11/2020) akhirnya menyetujui rencana pembangunan fasilitas angkatan laut baru di Sudan.

Reuters mengabarkan bahwa fasilitas tersebut mampu dijadikan tempat berlabuh bagi kapal militer bertenaga nuklir.

Langkah ini diyakini dapat memperluas luas pengaruh Rusia, terutama di wilayah Afrika, ini merupakan penempatan militer substansial pertama Rusia di wilayah tersebut sejak keruntuhan Uni Soviet.

Fasilitas militer baru Rusia ini direncanakan akan dibangun di sekitar Port Sudan dan mampu menampung hingga 300 personel militer dan sipil.

Baca juga: Mengerikan Monster Laut Bikinan Rusia, Bisa Hancurkan Kapal Musuh Sebelum Sempat Mendeteksinya

Pembangunan fasilitas militer ini merupakan tindak lanjut dari KTT Rusia-Afrika yang dipimpin langsung oleh Putin tahun lalu.

Di saat yang sama, dua unit pesawat bomber bertenaga nuklir milik Rusia juga mendarat di Afrika Selatan sebagai simbol kesungguhan Rusia di benua Afrika.

Dalam sebuah keputusan yang terbit hari Senin lalu, Putin mengatakan dia telah menyetujui proposal pemerintah Rusia untuk mendirikan pusat logistik angkatan laut di Sudan.

Ia memerintahkan kementerian pertahanan untuk menandatangani perjanjian untuk mewujudkannya.

Baca juga: Mabes Polri Panggil Linmas Hingga Gubernur Anies, Begini Reaksi Fadli Zon dan Andi Arief

Melansir Reuters, sebuah draft dokumen dipublikasikan awal bulan ini oleh pemerintah Rusia menjelaskan bahwa fasilitas baru di Sudan tidak bisa ditempati lebih dari empat kapal pada saat yang bersamaan.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved