Breaking News:

Lima Siswa Raih Juara Nasional, Kompetisi Sains Madrasah Online

Di tengah kesedihan atas prestasi Aceh pada MTQ tahun 2020 di Padang, lima siswa provinsi paling barat Indonesia ini membawa kabar bahagia

IST
Dr Iqbal MA, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh 

BANDA ACEH - Di tengah kesedihan atas prestasi Aceh pada MTQ tahun 2020 di Padang, lima siswa provinsi paling barat Indonesia ini membawa kabar bahagia.

Kelima siswa Aceh ini berhasil meraih juara nasional Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO) yang digelar Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Pengumuman penetapan pemenang disampaikan secara online melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6511 tahun 2020 di Jakarta pada Kamis (19/11/2020) malam.

Informasi itu disampaikan Plt Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Aceh, Zulkifli SPd MPd kepada Serambi, Kamis (19/11/2020) malam seusai menerima pengumuman tersebut.

"Tadi pukul 20.00 diumumkan dari Jakarta. Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi atas raihan prestasi KSMO tingkat nasional tahun 2020," kata Zulkifli.

Dari lima siswa tersebut, satu orang meraih juara I atas nama, Nuzulul Rahmah (Bidang Studi Fisika tingkat MA) dari MAS Jeumala Amal Lueng Putu, Pidie Jaya.

Sementara dua orang juara II yaitu Nurliana (Bidang Studi Fisika tingkat MA) dari MAS Kuala dan Fakhri Rozan (Bidang Studi Matematika) dari MAN 1 Aceh Barat.

Sedangkan dua orang juara III yaitu, Putri Fajar Nabila (Bidang Studi Fisika tingkat MA) dari  MAS Darussa'adah Cot Tarom dan Inaya Putri (Bidang Studi Geografi) dari MAN Insan Cendekia Aceh Timur.

Zulkifli mengatakan, prestasi itu diraih tidak terlepas dari kerja keras yang disertai doa siswa dan dewan guru.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan Provinsi Aceh berhasil meraih target dalam Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020.

"Ini semua berkat kerja keras dan doa kita bersama sehingga bisa mendapatkan peringkat 9 nasional. Terima kasih kepada pembimbing yang selama ini telah membina siswa-siswi kami," ujar Iqbal.

Iqbal menambahkan total peserta yang mengikuti kompetisi ini dari seluruh Indonesia mencapai dari 66 ribu orang. Dari Aceh sendiri mengirim 2.567 peserta dari MI, MTs, dan MA.

Setiap bidang studi yang dilombakan diikuti satu perwakilan madrasah. Lomba berbasis online itu berlangsung tiga hari. "Kepada pemenang diusulkan akan diberikan penghargaan pada Hardikda nanti," pungkas Iqbal.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved