Breaking News:

Berita Bener Meriah

Masjid Jokowi Bener Meriah: Pemilik Bersedia Hibahkan 1 Ha, Asal Dibangun Masjid dan Museum Jokowi

Pemilik lahan tempat dibangunnya masjid kecil atau "mersah" oleh Presiden Joko Widodo saat bertugas di PT KKA, bersedia menghibahkan lahan seluas 1..

Foto kiriman warga
Bangunan masjid Jokowi di Bener Meriah 

Laporan Fikar W Eda | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Pemilik lahan tempat dibangunnya masjid kecil atau "mersah" oleh Presiden Joko Widodo saat bertugas di PT KKA, bersedia menghibahkan lahan seluas 1 hektar, asalkan masjid yang ada direhab kembali dan di areal itu dibangun Museum Jokowi.

Hal itu disampaikan Hasan Husin, ahli waris almarhum Oesin Setie Gunung, pemilik lahan, kepada anggota relawan For-Jokowi, Iwan Gayo.

"Alhamdulillah, ahli waris pemilik lahan sudah menyatakan bersedia menghibahkan lahan tersebut kepada Presiden Jokowi asalkan di tempat itu dibangun Museum Jokowi dan masjid yang ada direhab dan difungsikan," ujar Iwan Gayo mengutip pernyataan ahli waris, kepada Serambinews.com.

"Itu dimaksudkan sebagai merawat jejak Presiden Jokowi di Tanah Gayo," kata Iwan Gayo mengutip Hasan Husin.

Iwan Gayo berharap Presiden Jokowi yang pernah membai'at dirinya sebagai orang Gayo, dan Gayo adalah kampung halamannya yang kedua dapat membantu rehabilitasi "mersah" yang  lebarnya lebih dari 12 x 12 meter itu.

Seperi diketahui pada tahun 1987 sampai 1989 Jokowi pernah bekerja di Bener Meriah dan sempat membangun sebuah "mersah" atau masjid kecil yang terbuat dari kayu dengan fondasi beton

Bangunan masjid kecil (atau mersah dalam bahasa Gayo)  yang  dibangun oleh Presiden Joko Widodo pada 1987 di Dataran Tinggi Gayo Bener Meriah saat ini sudah  tertutup pohon kopi dan dalam keadaan terbengkalai.

Bangunan masjid kecil berkonstruksi kayu, itu berada di Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit Bener Meriah, tidak jauh dari lokasi Bandara Rembele.

Iwan Gayo kemudian mengabadikan bangunan masjid kecil tersebut dalam bentuk foto dan menerangkan bahwa ternyata masjid yang dibangun Presiden Joko Widodo di lokasi tempat awal ia bekerja, masih ada.

Thamrin MY, yang mengaku sahabat Jokowi saat sama-sama bekerja di KKA, yang kini tinggal di Bener Meriah mengatakan, bahwa "mersah Jokowi"  tersebut masih berdiri tegak,  walaupun beberapa bagian dindingnya sudah copot.

Iwan Gayo mengatakan, lokasinya sangat strategis dan sangat layak dijadikan masjid.

Iwan Gayo menyebutkan, dengan ditemukannya "mersah Jokowi" tersebut, maka tidak benar anggapan  selama ini bahwa rumah ibadah yang dibangun oleh Presiden Jokowi sudah digusur untuk kepentingan pembangunan Bandara Rembele, yang diresmikan 2 Maret 2016 silam.(*)

Baca juga: Rakerda Perpani Aceh Hasilkan Program Strategis, Diantaranya Gelar Kejuaraan Panahan Internasional

Baca juga: Terkena Proyek Kotaku, Puluhan Rumah dan Tempat Jualan Warga akan Dibongkar

Baca juga: KONI Aceh Buka Kejurda Panahan 2020, Diikuti 170 Atlet Seluruh Aceh

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved