Breaking News:

Polisi Akan Bubarkan Kerumunan Massa

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH menegaskan, pihaknya tak segan untuk membubarkan kerumunan massa yang berpotensi

Serambinews.com
Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH, Dandim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos MTr (Han), memimpin apel kebangsaan jaga keamanan dan kedamaian 

LANGSA - Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH menegaskan, pihaknya tak segan untuk membubarkan kerumunan massa yang berpotensi memunculkan klaster baru Covid-19.

Hal itu diungkapkan saat memimpin apel kebangsaan jaga keamanan dan kedamaian yang dilaksanakan secara virtual, di Aula Mapolres setempat, Senin (23/11/2020). “Tiap kali ada kerumunan massa yang melanggar protkes, kami akan membubarkannya,” kata Kapolres.

AKBP Agung menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19, pihaknya bersama Forkopimda Kota Langsa berkomitmen untuk terus memantau penerapan protokol kesehatan. Karena itulah, warga supaya senantiasa tidak melakukan pelanggaran terhadap imbauan pemerintah, dan Pemko.

Kepada jajaran di Forkopimcam, dirinya meminta untuk bersinergi melakukan hal yang sama di tingkat kecamatan, dan gampong wilayah masih-masing. "Jika didapati adanya berita hoax agar jangan langsung disebarkan, namun terlebih dahulu dikonsultasikan antara para Kapolsek guna dicek kebenarannya," harap Kapolres.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah meminta, dalam melaksanakan tugas Forkopimcam harus saling bekerjasama, tidak mengutamakan ego sektoral serta harus saling bahu membahu terutama dalam penanganan Covid-19.

"Kita berharap pandemi ini cepat berlalu. Mari kita kita menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari supaya kita terhindar dari wabah ini," sebut Wali Kota.

Dandim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos MTr (Han) memaparkan, Forkopimcam, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus bersinergi dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Ia meminta kepada Forkopimcam harus aktif untuk melakukan deteksi dini, supaya berita hoax yang berpotensi mengganggu keamanan di tengah masyarakat bisa dicegah.

Sebelumnya, Wali Kota Usman Abdullah, Kapolres Langsa, dan Dandim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos MTr (Han), memimpin apel kebangsaan jaga keamanan dan kedamaian yang digelar secara virtual, di Aula Mapolres setempat.

Apel tersebut juga diikuti Forkopimcam dan seluruh jajaran Polsek Polres Langsa secara virtual zoom meeting. Selain itu, hadir Ketua MPU Kota Langsa, Tgk H Salahuddin Muhammad, Ketua MAA Kota Langsa, Drs Mursyidin Budiman, Ketua DPRK Langsa, Zulkifli Latif, Kajari diwakili oleh Kasi Pidum, Zulhelmi SH, Kadiskes Dr Herman, dan para Kasat Polres setempat.

Kodim 0117/Atam memberdayakan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk menegakan disiplin penerapan protokol kesehatan. Pengerahan Babinsa ini sebagai pendukung tugas Satgas Covid-19 yang dinaungi Pemkab Aceh Tamiang.

“Kodim sendiri bagian dari Satgas yang dinaungi Pemda, tapi untuk mempercepat pemulihan, kami membentuk Satgas sendiri dengan memberdayakan seluruh Babinsa,” kata Dandim 0117/Atam Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, Senin (23/11/2020).

Yusuf menerangkan tugas Babinsa tidak berbeda dengan Satgas Penanganan Covid-19, yakni melakukan Operasi Yustisi, sosialisasi hingga melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan dengan sanksi pembinaan. “Bedanya, Babisa ini bekerja setiap hari dan menjangkau ke seluruh wilayah Aceh Tamiang, termasuk wilayah hulu yang terbilang jauh,” ujarnya.

Dalam beberapa kegiatan, para Babinsa juga melakukan operasi di swalayan, pasar tradisional, terminal bus hingga tempat wisata. Yusuf menekankan operasi ini masih perlu dilanjutkan karena di beberapa tempat masih banyak ditemukan kerumunan masyarakat yang sama sekali tidak mengenakan masker, sehingga potensi penyebaran Covid-19 masih terbuka. “Tren kesembuhan kita sangat baik, ini harus dikawal agar penyebaran virus ini bisa terus ditekan,” ujarnya.(zb/mad)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved