Breaking News:

Kupi Beungoh

Berbagai Langkah Kurangi Risiko Bencana

"Risiko bencana diartikan sebagai besarnya potensi kerugian, baik langsung maupun tidak langsung, jika suatu bencana terjadi."

For Serambinews.com
TM Zulfikar 

Oleh Ir. TM Zulfikar, MP*)

BERBAGAI bencana yang kerap terjadi di berbagai wilayah Aceh hingga saat ini setidaknya perlu menjadi pembelajaran bagi kita untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi untuk menghadapinya.

Saat ini di beberapa wilayah Aceh sedang mengalami hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Dampaknya beberapa kawasan Aceh, terutama yang berdekatan dengan daerah aliran sungai (DAS) akan sangat cepat mengalami bencana banjir, baik banjir genangan, banjir luapan banjir bandang bahkan tanah longsor.

Ini bukan fenomena langka untuk saat ini, karena jika sudah memasuki musim hujan, maka pemandangan seperti ini menjadi sebuah hal yang biasa. Cuma saja apakah semua kita sudah menyadarinya dan memahami apa saja yang harusnya dilakukan untuk mencegah korban dan kerugian yang lebih besar?

Di beberapa kejadian bencana banjir bandang dan longsor, beberapa infrastruktur jembatan dan jalan hancur, sementara permukiman dan persawahan yang berlokasi di dekat sungai banyak yang rusak karena tergenang air bah.

Berkaca dari bencana tersebut, menarik dikaji tentang penyebab besarnya kerugian akibat dampak dari bencana banjir dan longsor. Paradigma penanggulangan bencana menegaskan bahwa bencana tidak dapat dihindari, tapi masih dapat dikurangi risikonya.

Baca juga: Apes! Beo Bongkar Perselingkuhan Majikan dengan Pembantu, Burung Cerdas Itu Tirukan Kalimat Rayuan

Baca juga: Dua Hari Terkatung-Kantung di Laut, Begini Kondisi 2 Nelayan Aceh Utara Saat Ditemukan

Risiko bencana diartikan sebagai besarnya potensi kerugian, baik langsung maupun tidak langsung, jika suatu bencana terjadi.

Pertanyaannya adalah upaya-upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko bencana banjir dan longsor?

Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengurangi risiko bencana banjir dan longsor.

Pertama, mari kita kengenali lokasi rawan banjir dan longsor.

Halaman
1234
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved