Breaking News:

Distanbun Beri Bibit Sayuran ke Sekolah

Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh menyalurkan berbagai bibit sayuran dan jagung ke sekolah-sekolah

Kiriman Distanbun Aceh
Kadistanbun Aceh, Abdul Hanan, didampingi Kabid Penyuluh Ir Muklis, serahkan bibit sayuran dan tanaman muda Kepala SMP 1 Darul Imarah, Aceh Besar, Affilinda, Rabu (2/12/2020) di ruang kelas sekolah setempat 

BANDA ACEH - Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh menyalurkan berbagai bibit sayuran dan jagung ke sekolah-sekolah. Bantuan itu diberikan bersamaan pelaksanaan Program Gerakan Masker Sekolah (Gemas), sejak 2 Desember 2020 lalu.

Sekolah-sekolah yang memiliki lahan perkarangan, dianjurkan untuk memanfaatkannya dengan menanam berbagai jenis sayuran, tanaman bumbu-bumbuan, dan juga jagung. “Distanbun Aceh akan membantu bibit untuk tanaman tersebut,” ujar Kadistanbun Aceh, Abdul Hanan, Minggu (6/12/2020).

Dikatakan, bantuan bibit sayuran, seperti bayam dan kangkung, cabai, tomat, bawang merah, dan jagung manis ke sekolah, dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat bercocok tanam di kalangan pelajar, sekaligus menjadi kegiatan ekstra kurikuler. “Kegiatan ini cukup positif, produktif, dan menarik serta tidak membosankan pelajar. Apalagi bagi mereka yang hobi bercocok tanam,” ujaranya.

Karena itu Abdul Hanan mengimbau kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan bibit sayuran, bumbu-bumbuan, maupun jagung bisa mengajukan permintaan ke pihaknya. “Distanbun Aceh akan menyalurkan bagi sekolah yang membutuhkan bibit-bibit tersebut, tentunya dengan jumlah secukupnya,” tandasnya.

Sementara Kepala SMP Negeri I Darul Imrah, Aceh Besar, Affilinda SPd MPd  mengatakan, pihaknya siap merespon program kegiatan tanam sayur, bumbu dapur dan jagung yang ditawarkan Distanbun Aceh karena memang bernilai positif.

Apalagi, katanya, sekolah yang terletak di jalan Soekarno-Hatta itu memiliki perkarangan yang luas dan memungkinkan untuk ditanaman tanaman berusia pendek, seperti sayuran, jagung, maupun cabai.

“Ini bisa menjadi motivasi bagi pelajar untuk mempelajari cara budidaya sayuran. Nanti setiap kelas akan mengelola satu lahan, dan bagi kelas yang mampu memelihara tanamannya dengan baik dan berhasil, akan disediakan hadiah,” pungkas Affilinda.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved