Breaking News:

Pangdam IM Silaturahmi ke Unsyiah

Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Achmad Marzuki, Senin (14/12/2020), melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas

Pangdam IM Silaturahmi ke Unsyiah
FOTO HUMAS UNSYIAH
Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, berdialog dengan Pangdam IM, Mayjen TNI Achmad Marzuki, seusai pertemuan silaturahmi di Kampus Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh

BANDA ACEH - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Achmad Marzuki, Senin (14/12/2020), melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Kedatangan Pangdam disambut Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, didampingi para Wakil Rektor di Ruang Kerja Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.

Dalam pertemuan itu, Pangdam beserta para asisten membahas banyak hal dengan Rektor Unsyiah dan jajaran. Salah satunya tentang pendidikan karakter bela negara dan persiapan perkuliahan tatap muka di masa new normal. Pangdam mendukung penuh semua aktivitas pendidikan di Aceh, terlebih Unsyiah yang merupakan kampus terbesar di Tanah Rencong dan sudah mencetak banyak lulusan berkualitas.

Untuk itu, menurut Mayjen TNI Achmad Marzuki, dibutuhkan peran dari semua pihak untuk menyinergikan semangat dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan bela negara, terutama di kalangan pemuda dan mahasiswa. "Mahasiswa Unsyiah harus dapat memainkan perannya dalam mengokohkan persatuan bangsa dan kecintaan terhadap negara," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menawarkan peralatan dan fasilitas yang dimiliki Kodam Iskandar Muda untuk menyukseskan kegiatan pembinaan karakter mahasiswa Unsyiah. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan awal tahun depan, beriringan dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa new normal.

Sementara itu, Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengapresiasi kepedulian Pangdam terhadap kampus tertua di Aceh, itu. Menurutnya, pembinaan karakter merupakan sesuatu yang penting dalam membentuk pribadi mahasiswa agar memiliki jiwa nasionalisme dan berdaya saing.

"Aceh membutuhkan generasi yang tak hanya memiliki intelektual tinggi, tapi juga karakter kuat untuk membangun negara dan daerah," ujar Prof Samsul Rizal seperti disampaikan Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir MT SE MM, dalam siaran pers kepada Serambi, Senin (14/12/2020) siang.

Prof Samsul juga menawarkan bantuan kepada Pangdam IM untuk menyuling air laut di Pulo Aceh. Penyulingan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh pasukan keamanan yang mendiami pulau terluar Indonesia tersebut dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih, Unsyiah memiliki ahli membran yang mampu melakukan proses penyulingan tersebut.  Pangdam menyambut baik tawaran Unsyiah. Menurutnya, air bersih merupakan kebutuhan vital bagi para pasukan keamanan yang harus dipenuhi selama mendiami Pulo Aceh.

Dalam pertemuan itu, Rektor Unsyiah didampingi Prof Dr Marwan (Wakil Rektor I), Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC (Wakil Rektor III), dan Dr Hizir (Wakil Rektor IV). Seemntara dari Kodam IM hadir juga Asisten Intelijen Kasdam Iskandar Muda (Asintel Kasdam IM), Kolonel Inf Ahmad Fikri Musmar, dan Asisten Teritorial Kasdam IM (Aster Kasdam IM), Kolonel Inf Robby Suryadi SSos.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved