Breaking News:

Berita Aceh Tenggara

Demi Kesejahteraan Rakyat, Aceh Tenggara-Subulussalam Sepakat Bangun Jalan Muara Situlen-Gelombang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bersama Pemko Subulussalam, bersepakat untuk membangun jalan tembus Muara Situlen- Gelombang...

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Jalimin
SERAMBINEWS.COM/ASNAWI LUWI
Wakil Bupati Aceh Tenggara, Bukhari. 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Tenggara 

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bersama Pemko Subulussalam, bersepakat untuk membangun jalan tembus Muara Situlen- Gelombang.

"Kalau jalan Muara Situlen - Gelombang tembus perekonomian masyarakat di dua kabupaten akan meningkat dan rakyat sejahtera.

Budaya terbangun, destinasi wisata meningkat dan mempersingkat jarak tempuh dari tujuh jam Agara- Subulusalam menjadi 2 jam perjalanan darat, serta membebaskan dari terisolir rakyat pedalam Leuser," ujar Wakil Bupati (Wabup) Aceh Tenggara, Bukhari kepada Serambinews.com, Sabtu (19/12/2020).

Kata Bukhari, mereka (Pemkab Agara dan Pemko Subulussalam) rencanakan dalam Musrenbang tahun 2021 dalam usulan pembangunan jalan Muara Situlen - Gelombang akan dimulai dari kawasan pedalaman Kecamatan  Leuser menuju Gelombang mencapai 100 kilometer termasuk untuk pembangunan jalan dan jembatan yang melintasi Sungai Alas agar bisa tembus untuk dua Kabupaten dalam provinsi Aceh.

Pembangunan ini, mereka harapkan kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dengan kerendahan hati dalam mewujudkan sehingga tahun 2022 pembangunan sudah bisa di mulai.

Menurut Bukhari, berdasarkan SK Gubernur Aceh sebelumnya juga pernah memprogramkan pembangunan jalan tembus Muara Situlen Gelombang tersebut.  Makanya, mereka menindaklanjuti untuk pembangunan jalan provinsi Aceh di Muara Situlen- Gelombang tersebut.

Karena, lanjut Wakil Bupati Agara, Bukhari, dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Aceh yang belum terwujud jalan tembus adalah Muara Situlen - Gelombang. Mereka akan mempersiapkan apa-apa yang dibutuhkan, misalnya AMDAL, masterplan dan mereka dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh, DPRA dan dinas terkait demi terwujud pembangunan yang menjadi impian rakyat di dua kabupaten ini.

"Kita berharap pembangunan jalan tembus Muara Situlen - Gelombang menjadi skala prioritas pembangunan tahun 2022 mendatang,"ujar Bukhari.

Lanjutnya, masyarakat Aceh Tenggara 80 persen mencari rezeki pada sektor pertanian dalam arti luas, sektor perikanan air tawar dan lainnya.

Khususnya, Kecamatan Leuser masyarakat bercocok tanam kemiri, cokelat, jagung, sawit dan komoditi andalan lainnya.(*)

Baca juga: Diduga untuk Provokasi saat Aksi 1812, Polisi Sita Mobil Komando FPI dan Ambulans

Baca juga: Warga Aceh di Malaysia Makamkan Jenazah Mukhtaruddin

Baca juga: Memasuki Hari Ke-9 Ustaz Yusuf Mansur Covid-19 & Dirawat di RSPAD, Wirda Mansur: Kangen Cepat Pulang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved