Breaking News:

Berita Gayo Lues

Harga Jual Kacang Buncis di Gayo Lues Anljok

Musim panen kacang  kedelai atau dikenal dengan kacang merah jenis buncis dan taiwan di kabupaten Gayo Lues (Galus) turun harganya, sehingga banyak...

Penulis: Rasidan
Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Petani kacang merah (buncis) sedang mengeringkan hasil panennya, harga jual kacang buncis abjlok dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Gayo Lues. Foto direkam, Sabtu (19/12/2020). 

Laporan: Rasidan|Gayo Lues

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN - Saat ini, sedang usim panen kacang kedelai atau dikenal dengan kacang merah jenis buncis dan taiwan di Kabupaten Gayo Lues, Namun, harga jualnya anjlok sehingga banyak petani kacang merah mengalami kerugian, karena tak mampu menutupi biya produksi.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, Sabtu (19/12/2020), harga kacang buncis saat ini anjlok di pasaran, sementara banyak petani sedang mulai memasuki musim panen raya. Meskipun begitu, sangat disesalkan, karena harganya turun dan anjlok dari hari sebelumnya Rp 18.000 per kilogram.

"Saat ini harga buncis merah atau dikenal dengan kacang taiwan itu harganya berkisar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per kilogram turun dari harga sebelumnya yang selama ini ditampung pedagang Rp 18.000 - Rp 20.000 per kilogram," ujar Senimah yang didampingi sejumlah petani kacang buncis lainnya kepada Serambinews.com, Sabtu (19/12/2020).

Senimah mengatakan, harga jual buncis hasil panen petani berkisar antara Rp 8.000 per kilogram, sementara harga bibit masih sangat tinggi, yang saat ini masih berkisar Rp 35.000 per  bambu atau lebih sedikit dari satu kilogram.

Sementara keluhan yang dialami para petani saat ini salah satunya, banyak petani yang baru melakukan penamaman, namun  gagal panen disebabkan musim hujan yang berakibat matinya tanaman buncis.

"Untuk bibitnya dijual pedagang dan petani itu menggunakan takaran bambu yakni Rp 35.000 per bambu yakni bibit yang sudah pilihan dan kering, sementara hasil panen dari petani itu ditampung Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per kilogram terganggu dengan kualitasnya,"sebutnya.

Secara terpisah salah satu agen penampung kedelai asal Bireuen Aceh di Blangkejeren mengaku, saat lagi musim banjir kacang merah (buncis) tersebut di kabupaten itu, sehingga harganya juga turun dan sangat mudah mendapatkan pasokan dari pasar tersebut.

"Kacang merah ini bisa tahan lama untuk disimpan berbeda dengan hasil panen komoditas lainnya, justru untuk itu. di saat harganya  yang belum stabil, lebih baik disimpan atau dikeringkan dulu oleh petani,"sebutnya.(*)

Baca juga: Kabar Terbaru Soal Kiwil Digugat Cerai Rohimah, Singgung Soal Nikah Settingan

Baca juga: VIDEO Pukul dan Tendang Mobil, Seorang Bocah Pengemis Marah Tak Diberi Uang

Baca juga: Inilah Pria Paling Produktif di Dunia: Punya 150 Anak Hasil Donor Sperma di Seluruh Dunia

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved