Breaking News:

Kisah Inspiratif Babinsa di Aceh Utara, Sukses Tingkatkan Ekonomi Warga Binaan

Dalam bertugas, Serda Syamsudin diberikan tanggung jawab oleh Danramil 29/Langkahan, Kapten Inf Fakhrizal untuk melakukan pembinaan teritorial

Editor: bakri
For Serambinews.com
Keramba budidaya ikan air tawar di Desa Tanjong Dalam Selatan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di desa tersebut, yang dikembangkan oleh Serda Syamsudin, Babinsa di Koramil 29/Langkahan, jajaran Kodim 0103/Aceh Utara, Jumat (18/12/2020). 

Namanya Serda Syamsuddin. Ia sehari-hari dipanggil oleh masyarakat di desa binaanya dengan sebutan Bang Din. Dia merupakan seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di Koramil 29/Langkahan Kodim 0103/Aceh Utara.

Dalam bertugas, Serda Syamsudin diberikan tanggung jawab oleh Danramil 29/Langkahan, Kapten Inf Fakhrizal untuk melakukan pembinaan teritorial di Desa Tanjong Dalam Selatan. Sebagai seorang Babinsa, dia harus peka terhadap permasalahan di desa binaanya, terutama masalah ekonomi.

Berawal dari itu, kemudian tercetus ide untuk mengembangkan budi daya ikan air tawar di Desa Tanjong Dalam Selatan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada. Di gampong setempat, terdapat aliran sungai yang selama ini belum dimanfaatkan. Sehingga Serda Syamsuddin memiliki ide untuk membuat keramba budidaya ikan air tawar demi meningkatkan perekonomian warga.

"Saya melihat sungai yang ada ditumbuhi semak belukar. Apabila dikelolah dengan baik tentunya dapat membantu warga untuk meningkatkan penghasilan," ungkap Serda Syamsudin kepada Serambi, Jumat (18/12/2020).

Idenya itu tercapai bersama warga setempat, Abdullah yang kemudian membentuk kelompok dengan anggota 30 orang. Kemudian, Serda Syamsuddin dan Abdullah menemui Danramil 29/Langkahan, Kapten Inf Fakhrizal untuk menyampaikan rencanan itu dan. Selanjutnya Kapten Inf Fakhrizal menyampaikan kepada Letkol Inf Agung Sukoco SH yang kala itu masih menjabat sebagai Dandim 0103/Aceh Utara.

Mereka menerima bantuan pembuatan bioflog sebanyak 10 buah, dan keramba enam buah dari program Serbu TNI. Kini, usaha mereka maju pesat. Di mana sudah menjadi 70 keramba, dan 20 bioflok yang sudah terisi ikan patin, nila, dan lele. “Kami Mengucapkan terima kasih kepada Pangdam Iskandar Muda, Danrem 011/Lilawangsa, serta Dandim 0103/Aceh Utara yang sudah membantu baik bibit maupun pakan ikan kepada warga binaan,” ungkap Serda Syamsuddin.(zak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved