Breaking News:

NasDem Minta Kader Persiapkan Diri, Jelang Pilkada Aceh

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil meminta kader partai tersebut mempersiapkan diri untuk diusung

SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil membuka rapat koordinasi wilayah (rakerwil) partai tersebut di Hotel Oasis, Banda Aceh, Jumat (18/12/2020). 

BANDA ACEH - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil meminta kader partai tersebut mempersiapkan diri untuk diusung sebagai calon Gubernur Aceh atau Wakil Gubernur Aceh jelang pelaksanaan Pilkada Aceh.

"Kader harus mempersiapkan diri untuk mencalonkan diri (sebagai Gubernur Aceh)," kata Zaini seusai membuka acara rapat koordinasi wilayah (rakerwil) Partai NasDem Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh, Jumat (18/12/2020).

"Tetapi bukan karena kader secara otomatis kita usung, survei dan elektabilitas akan menentukan siapa calon yang akan diusung oleh partai ini," sambung Zaini didampingi pengurus partai menjawab wartawan mengenai kesiapan NasDem jelang Pilkada.

Pihaknya memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan Pilkada. Apalagi saat ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah belum menetapkan kapan pilkada Aceh, apakah tahun 2022, tahun 2023, atau tahun 2024.

Kendati pelaksanaan Pilkada belum jelas, NasDem terus melakukan persiapan. Persiapan itu menjadi salah satu poin yang akan dibahas dalam rakorwil bersama pengurus DPW dan ketua DPD Partai NasDem kabupetan/kota.

"Kalau kita lihat kemungkinan-kemungkinan dari kebijakan hari ini, saya melihat (Pilkada Aceh) lebih dekat ke tahun 2023. Oleh karenanya, tahun 2022 kita siap, tahun 2023 apalagi kita akan lebih siap," ungkap dia.

Karenanya, Zaini meminta kepada kader untuk mempersiapkan diri. "Terkait teknis pencalonan saya kira masih menunggu proses. Kita tetap mengutamakan kader dan kader juga harus mempersiapkan diri," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Zaini kembali menegaskan bahwa NasDem tetap mempertahankan politik tanpa mahar dalam setiap kontestasi politik. "Gagal kita kemarin (saat Pileg 2019) bukan berarti menghentikan langkah kita ke depan," ungkap dia.

Dana Otsus

Dalam pembukaan rakorwil, Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil menyampaikan bahwa dalam kegiatan itu pihaknya tidak hanya membahas masalah internal partai tapi juga mendisukusikan persoalan Aceh yang terjadi saat ini.

"Misalnya penggunaan dana otsus, sejak 2006 sampai 2020, dana otsus sudah 80 triliun lebih diterima Aceh. Pertanyaan kita apa manfaat yang paling kita rasakan hari ini dari penggunaan dana otsus. Ini harus dievaluasi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga membahas keberadaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA). Sudah 16 tahun undang-undang itu lahir, apakah Pemerintah Aceh sudah menjalankan seluruh isi aturan tersebut atau belum.

Gabung NasDem

Diawal pembukaan acara itu, Zaini memperkenalkan dua kader baru partai tersebut. Mereka adalah Nurchalis, mantan politikus Partai Berkarya dan Thamren Ananda, mantan politikus Partai Nasional Aceh (PNA).(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved