Breaking News:

Pra Rakernas JKPI IX akan Diadakan di Banda Aceh

Kegiatan Pra Rapat Ker­ja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) IX Tahun 2021 akan digelar di Kota Banda Aceh

Pra Rakernas JKPI IX akan Diadakan di Banda Aceh
IST
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman

* Aminullah Sambut Baik Kesempatan Majukan Wisata

BANDA ACEH - Kegiatan Pra Rapat Ker­ja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) IX Tahun 2021 akan digelar di Kota Banda Aceh. Kepu­tusan tersebut berdasarkan hasil Raker­nas JKPI VIII, Minggu (20/12/2020), di Kantor Bupati Siak, Mempura, Riau.

Rakernas JKPI juga memutuskan Kota Bogor sebagai tuan rumah Rak­ernas/Konggres JKPI IX Tahun 2021, serta menunjuk Kota Palembang se­bagai tuan rumah Rakernas/Konggres JKPI X Tahun 2022. Dalam kegiatan ini nantinya, para anggota JKPI akan mer­umuskan pokok-pokok bahasan penting dan strategis untuk diputuskan dalam pelaksanaan Rakernas Tahun 2021.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan, Banda Aceh se­bagai Ibu Kota Provinsi Aceh akan mem­fasilitasi semua delegasi dari 70 anggota JKPI, beserta dengan kelengkapannya.

“Kita menyambut baik kegiatan ini, sebuah kesempatan majukan wisata. Banda Aceh sangat menarik untuk di­kunjungi. Nanti kita juga akan agenda­kan touring ke situs-situs sejarah yang ada di Kutaraja ini,” kata Aminullah.

Sekedar informasi, Rakernas ke­marin juga memutuskan membagi Ja­ringan Kota Pusaka Indonesia menjadi tiga wilayah, yakni wilayah timur yang dipimpin oleh Kota Ambon, kemudian wilayah tengah dipimpin oleh Kota Bo­gor, serta wilayah barat dipimpin oleh Kota Banda Aceh, guna mempermudah koordinasi antar Kabupaten/Kota di masing-masing wilayah.

JKPI digelar bertujuan untuk mengembangkan kerja sama antar kota-ko­ta pusaka kemudian mengembangkann­ya, serta mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka, menginventarisa­si kekayaan warisan pusaka, memperkuat identitas NKRI, serta menjadi wadah promosi Kota Pusaka Anggota JKPI.

Anggota JKPI diharapkan dapat mening­katkan peran pemerintah daerah untuk me­majukan daerah dan organisasi JKPI, sesuai dengan cita-cita organisasi, yaitu menjaga dan melestarikan nilai dan bangunan cagar budaya, disamping warisan budaya tak ben­da.(hba/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved