Breaking News:

Ratusan Warga Ajukan Pemutihan Denda PKB

Jumlah warga yang mengajukan permohonan pemutihan denda tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB)

SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Suasana wajib pajak sedang tunggu antrean bayar PKB dan BBNKB di Kantor Samsat Batoh, Banda Aceh. 

BANDA ACEH - Jumlah warga yang mengajukan permohonan pemutihan denda tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) ke Kantor Samsat Banda Aceh, pada hari terakhir pelaksanaan kebijakan pemutihan denda tunggakan PKB, Rabu (23/12/2020), mencapai ratusan orang.

“ Permohonan yang masuk tidak saja pemutihan denda tunggakan PKB, tapi juga permohonan mutasi bebas biaya BBNKB ke pelat BL juga banyak,” kata Kepala UPTD Kantor Samsat Banda Aceh, Teuku Hendra Faisal, Jumat (25/12/2020).

Dikatakan, tiga hari menjelang penutupan kebijakan pemutihan tunggakan PKB dan BBNKB, 21-23 Desember 2020, ada 150-200 warga yang mengajukan permohonan.

Dari 23 Kantor Samsat di Aceh, yang paling banyak mengajukan permohonan pemutihan denda PKB dan BBNKB adalah di Kantor Samsat Banda Aceh. Berkas permohonan yang diterima petugas adalah yang sudah lengkap.

“Bagi yang belum melengkapi berkas persyaratan pemutihan di hari terakhir dan sudah mendaftar, kelengkapan berkasnya tetap akan diterima, setelah dirinya melengkapi semua berkas yang menjadi persyaratan pemutihan denda,” terangnya.

Kemudahan untuk melengkapi bahan persyaratan pemutihan tunggakan denda, kata Hendra, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang sudah berniat baik untuk membayar PKB tahunan.

Begitu juga bagi pemilik kendaraan yang mau melakukan mutasi BBNKB dan mutasi pelat ke BL. Kebijakan pemutihan denda PKB ini dilakukan untuk meningkatkan peneriman pajak daerah dari sumber kendaraan bermotor.

“Sementara pemutihan mutasi BBNKB ke BL, supaya tahun depan wajib pajak kembali membayar PKB di wilayah Aceh, sehingga menjadi penerimaan pajak daerah Aceh,” tandas Hendra.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved