Breaking News:

Penerimaan CPNS Dibuka April-Mei

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Foto kiriman warga
Peserta CPNS mengikuti ujian SKD di Gedung Pidie Convention Center di Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie. 

* Kebutuhan Guru Capai 1 Juta

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 bakal dibuka. Direncanakan penerimaan dibuka pada bulan April-Mei 2021.

Kepastian itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko. Ia mengatakan, penerimaan CPNS formasi tahun 2021 bakal dibuka. Tetapi Teguh belum dapat memastikan pelaksanaan pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2021.

Ia mengatakan, keputusan tidak membuka formasi pada 2020 memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk kembali ke jadwal yang seharusnya dipenuhi sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017.

"Dalam PP tersebut ditetapkan bahwa paling lambat bulan Maret setiap instansi pemerintah menyerahkan usulannya ke Menteri PANRB. Setelah memperoleh pertimbangan teknis dari BKN dan Kementerian Keuangan, maka pada bulan Mei ditentukan formasinya (kebutuhannya)," kata Teguh, Minggu (27/12/2020).

Namun kepastian lebih lanjut tentang jadwal penerimaan CPNS ini disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPANRB, Andi Rahadian. Dia mengatakan, pendaftaran CPNS formasi tahun 2021 akan dibuka pada April-Mei 2021. "Untuk proses pendaftaran rekrutmen ASN formasi tahun 2021, diperkirakan akan dimulai pada bulan April-Mei 2021," kata Andi Rahadian.

Untuk formasi yang diprioritaskan dibuka, menurut Andi masih sama seperti tahun 2020. Yakni, tenaga guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis yang mendukung arah dan prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah. Namun, dengan catatan, untuk tenaga teknis bukan tenaga administrasi yang dibutuhkan.

Terkait jumlah formasi yang dibuka, kata Andi, hal itu tergantung kebutuhan masing-masing instansi. "Jumlah dan jenis formasi tergantung dari kebutuhan masing-masing instansi di pusat dan daerah," jelasnya.

Plt Deputi bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko, juga menyampaikan hal serupa. Dia menyebutkan, terdapat beberapa formasi CPNS yang dibutuhkan. Antara lain formasi CPNS di bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis.

"Saat ini memang kami sudah menerima berbagai usulan dari instansi pemerintah (baik pusat maupun daerah). Fokusnya tetap pada jabatan-jabatan tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan tenaga teknis yang mendukung arah prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah," ujarnya.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved