Breaking News:

Destinasi Wisata

Damaran Baru Diharap Juarai API 2020, Minta Dukungan Masyarakat

"Dukung dengan mengirim SMS, ketik API (spasi) 9B kirim ke 99386 atau like foto Damaran Baru Eco-village di akun IG dan FB API Award."

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Nasir Nurdin
For Serambinews.com
Foto dokumen: Masyarakat Kampung Damaran Baru Eco-village melakukan survei potensi wisata di Kampung Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (14/7/2020). 

"Dukung dengan mengirim SMS, ketik API (spasi) 9B kirim ke 99386 atau like foto Damaran Baru Eco-village di akun IG dan FB API Award."

Laporan Fikar W. Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Damaran Baru Eco-village destinasi wisata di Kabupaten Bener Meriah yang saat ini bertengger dalam lima besar kategori ekowisata terpopuler dalam voting Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020, diharapkan bisa tembus ke posisi puncak.

"Diharapkan dukungan masyarakat menjelang penutupan voting pada 31 Desember 2020," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bener Meriah, Irmansyah SSTP MSP melalui Kabid Pemasaran Pariwisata, drh Agus Nurza Zurkarnain MSi.

Menurut Agus Nurza, hasil voting sementara yang dikeluarkan oleh situs resmi Ayo Jalanjalan pada 30 November 2020, Damaran Baru Eco-villagememperoleh suara vote sebanyak 8,7 persen.

Sedangkan tertinggi di urutan pertama Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir dengan jumlah vote 31,2 persen.

Baca juga: Penderita Covid-19 Sembuh Tambah 34 Orang, Terkonfirmasi Positif Sembilan Orang

Baca juga: Walikota Banda Aceh, Harapkan Aset UMKM Dijamin Asuransi

Di urutan kedua, Mangrove Banglas, Kabupaten Kepulauan Meranti dengan jumlah vote 17,5 persen. Selanjutnya, di urutan tiga, Boonpring Andeman, Kabupaten Malang jumlah vote 17,2 persen dan urutan empat ada Kebawetan di Kabupaten Kepahiang dengan jumlah vote 9,3 persen.

“Kita mengharapkan dukungan semua lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Bener Meriah dan umumnya masyarakat di Aceh supaya Damaran Baru Eco-village bisa menjuarai API 2020," katanya.

Dukungan diberikan dengan cara  mengirimkan SMS dengan cara ketik API (spasi) 9B kirim ke 99386 atau like foto Damaran Baru Eco-village di akun Instagram dan Facebook API Award.

Damaran Baru Eco-village merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat unik di Kabupaten Bener Meriah yang masih mempertahankan kearifan lokal, adat dan budaya (anti-mainstream).

Baca juga: SP3 Dibatalkan dan Kasus Chat Habib Rizieq Dilanjutkan, Kuasa Hukum FPI: Pengalihan Isu

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Damaran Baru Eco-village dapat menikmati pemandangan alam yang indah, kuliner khas Gayo, atraksi budaya Gayo, juga bisa belajar dan praktik seni Gayo, seperti Didong dan tari Guel.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati panorama air terjun dan air panas yang bersumber dari Gunung Burni Telong.

Baca juga: Fakta Sopir Nikahi Dua Gadis Sekaligus, Pemuda 18 Tahun Ini Berbagi Malam Pertama di Rumah Berbeda

Damaran Baru, objek wisata alam yang diikutsertakan dalam API adalah kawasan yang dijaga oleh kaum ibu dari aksi pembalakan liar dan pengrusakan lingkungan lainnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK], pada November 2019, memberi izin pengelolaan hutan melalui skema hutan desa berdasarkan Surat Keputusan Nomor: SK.9343/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/11/2019, dengan luas hutan 251 hektare.

Pengelolaan ini diberikan kepada kelompok perempuan Damaran Baru. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved