Breaking News:

Air Bersih

Boster Air Minum Berkapasitas 3.000 Liter Milik PDAM Tirta Daroy Mampu Layani 52.000 Pelanggan

Layanan air bersih dan air minum kepada warga Kota Banda Aceh itu, kata Aminullah, merupakan janji dalam kampanye pada saat mencalonkan diri menjadi

FOTO HUMAS PEMKO
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didampingi Dirut PDAM Tirta Daroy T Novizal Aiyub dan Kadis PUPR Jalaluddin melihat reservoir PDAM Tirta Daroy di Taman Sari, Rabu (4/11/2020). 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Di hari terakhir tahun 2020, Kamis (31/12) Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman MM meresmikan dua paket proyek air bersih milik PDAM Tirta Daroy, di lokasi Rumah Pompa Taman Sari.

Acara peresmian bak penampungan air bersi (boster) kapasitas 3.000 liter, rumah pompa di Taman Sari dan proyek upgrading (peningkatan) produksi debit air bersih dari 500 menjadi 800 liter/detik WTP Laqmbaro dihadiri Wakil Walikota Banda Aceh H Zainal Arifin, Sekda Kota yang baru dilantik, Drs Amiruddin, Direktur PDAM T Novizal Aiyub, para Asisten, Kepala Dinas PUPR Kota, Jalaluddin, ST, MT, Wakil Ketua DPRK, H Isnaini Husada dan anggota, serta undangan lainnya.

Aminullah Usman dalam pidato pengarahannya mengatakan, dua paket proyek PDAM Tirta Daroy ini, sengaja diminta kepada Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub dan Kadis PUPR Kota, supaya diresmikan sebelum tahun anggaran 2020 ini berakhir, karena proyek tersebut, merupakan proyek strategis Kota Banda Aceh, dalam memberikan peningkatan layanan distribusi air bersih dan air minum kepada warga kota.

Layanan air bersih dan air minum kepada warga Kota Banda Aceh itu, kata Aminullah, merupakan janji dalam kampanye pada saat mencalonkan diri menjadi walikota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022.

Semua paket proyek yang terkait dengan peningkatan layanan air bersih kepada warga kota, kata Aminullah Usman, ia minta untuk bisa secepatnya diselesaikan dan dioperasikan sebelum berakhir tahun 2020 ini.

Pada saat Direktur PDAM Tirta Daroy melaporkan tentang kedua paket proyek air bersih itu sudah selesai dikerjakan pada hari Senin (28/12), saya minta untuk disiapkan pelaksanaan peresmiannya, 31 Desember 2020, agar bisa difungsikan untuk masyarakat.

Baca juga: VIDEO Tiba di Pelabuhan Penyeberangan, Bupati Aceh Singkil Peusijuk Kapal Aceh Hebat 3

Baca juga: Ini Total Kasus Covid-19 di Kota Lhokseumawe Pada Tahun 2020, Meninggal 14 Orang

Baca juga: Michael Yukinobu Lawan Main Gisel di Video Syur: Gue Bukan Siapa-siapa

Aminullah mengatakan, kepuasan yang dirasakan dalam meresmikan dua paket proyek PDAM ini, melebihi kepuasan yang pernah ia rasakan dalam menerima berbagai penghargaan untuk Kota Banda Aceh dan dirinya.

"Kepuasan meresmikan boster air minum kapasitas 3.000 liter dan upgrading atau peningkatan produksi debir air bersih dan air minum PDAM Tirta Daroy, manfaatnya langsung dirasakan oleh 52.000 pelanggan PDAM," ujarnya.

Tapi kepuasan mendapat penghargaan WTP sebanyak 12 kali dan berbagai penghargaan lainnya, manfaatnya untuk pribadi dan kalangan pemerintahan, sementara rakyat tidak merasakan manfaatnya.

“Meski kedua paket proyek PDAM ini sudah selesai dan diresmikan serta dioperasikan untuk memaksimalkan layanan air bersih kepada warga kota, tapi saya minta kepada Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub, untuk menjaga peralatannya, mengawasinya, serta mengontrol pendistribuasian air bersihnya kepada warga, berjalan lebih baik lagi,” pungkas Aminullah Usman.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Daroy T Novizal Aiyub mengatakan, dua paket proyek air bersih PDAM Tirta Daroy yang sudah selesai dan diresmikan oleh Pak Walikota itu, bukan yang terakhir, tapi masih banyak lagi yang belum selesai.

Alasannya, usia instalasi PDAM itu sudah mencpai 45 tahun, tapi upaya untuk pelaksanaan revitalisasinya tidak berjalan berkelanjutan, tapi sering terputus, sehingga untuk melanjutkannya pembangunannya kembali, butuh dana yang besar dan waktu yang lama.

Namun begitu, dengan terselesainyakannya dua paket proyek PDAM itu, pelanggan air bersih di kota, yang berada diempat kecamatan, yaitu Meuraxa, Jaya Baru, Baiturrahman dan Kutaradja, sudah bisa menerima dan merasakan distribusi air bersih dan air minum PDAM Tirta Daroy secara penuh dengan kuaitas air yang jernih dan bening.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved