Breaking News:

Opini

Refleksi Akhir Tahun Politik dan Fenomena Air Setengah Gelas

DUNIA politik memang unik dan kerap tidak berada pada garis linear, sehingga dalam mengamati setiap fenomena yang ada

Refleksi Akhir Tahun Politik dan Fenomena Air Setengah Gelas
Ir ZULKIFLI ABDY

ZULKIFLI ABDY, Konsultan Teknik dan Pemerhati Sosial, melaporkan dari Banda Aceh

DUNIA politik memang unik dan kerap tidak berada pada garis linear, sehingga dalam mengamati setiap fenomena yang ada kita mesti menggunakan kacamata yang unik pula.

Ada aksioma bahwa dalam politik 2 x 2 belum tentu 4, seperti juga dalam sepak bola bahwa bola itu bundar, sehingga segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Seorang politikus yang cerdas dan memiliki naluri yang tajam, tentu telah terbiasa untuk tidak hanya mendengarkan apa yang dikatakan orang semata, melainkan juga menelisik apa saja yang kiranya disembunyikan lawan politinya.

Dalam dinamika seperti itu, politik tidak jarang memunculkan hal-hal yang tidak terduga, bahkan terkadang juga diselimuti misteri.

Dari segala keunikannya itu, ketika kita melihat setiap gelagat politik yang berkembang, di samping menggunakan logika normal, adakalanya kita juga menggunakan logika paradoksal.

Seperti juga ketika kita melihat gelas yang setengahnya berisi air, setiap orang bisa saja berbeda cara memandangnya, dan mengartikulasikannya melalui kata-kata. Ada yang mengatakan air yang ada di dalam gelas tersebut setengah penuh, sedangkan yang lainnya mengatakan setengah kosong.

Dalam dialektika politik, pandangan semacam itu agaknya sangat lumrah, bahkan terkadang dijadikan retorika untuk mengaburkan maksud yang sesungguhnya.

Begitu juga dengan dinamika politik nasional yang sedang terjadi akhir-akhir ini, sebutlah ketika Sandiaga Uno akhirnya menerima tawaran Presiden Joko Widodo untuk menjadi bagian dari anggota kabinet sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan Prabowo Subianto sudah terlebih dahulu berada di dalam kabinet Jokowi.

Sebagaimana kita ketahui, ketika pilpres yang lalu eskalasi persaingan antara kedua pasangan kandidat sangat dinamis, kalau kita tak mau mengatakannya "panas".

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved