Breaking News:

Opini

Pentingnya Road-Map Kawasan Wisata Syariah Saree

KAWASAN wisata merupakan suatu daerah tujuan wisata yang memiliki daya tarik agar orang-orang mau datang dan berkunjung

Pentingnya Road-Map Kawasan Wisata Syariah Saree
Dr. H. Apridar, M.Si.

Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si.

Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembanguna Unimal Aceh

KAWASAN wisata merupakan suatu daerah tujuan wisata yang memiliki daya tarik agar orang-orang mau datang dan berkunjung ke daerah tersebut. Sehingga untuk menjadi potensi wisata yang mumpuni, harus ditata serta dibangun sarana dan prasarana agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan tersebut. Pemerintah daerah hendaknya mampu membentu kawasan tertentu sebagai tempat kunjungan wisata agar daerahnya dapat berkembang dan maju. Sektor wisata merupakan salah satu kawasan yang mampu mendatangkan pendapatan dan atau devisa daerah yang tidak pernah habis dibandingkan sektor pertambangan, perikanan laut, dan lainnya.

Kawasan Puncak Saree merupakan daerah yang sering dilalui berbagai orang yang ingin berkunjung ke ibukota Propinsi Aceh-Banda Aceh khususnya, memiliki pesona pegunungan nan indah serta udara yang sejuk merupakan kawasan yang sering disinggahi masyarakat. Anugerah alam yang luar biasa tersebut belum mampu dimanfaatkan secara optimal untuk mendongkrak perekonomian.

Bila kita bandingkan dengan kawasan Puncak Bogor yang menjadi destinasi wisata yang begitu ramai dikunjungi setiap libur akhir pekan, kawasan Puncak Saree tidak kalah menarik dari sisi alamnya. Bahkan lebih indah bila ada sentuhan tata ruang dan sarana wisata yang dibangun di dataran tinggi Selawah tersebut. Mengapa pemerintah daerah tidak serius membuat Road-Map Kawasan Wisata Syariah Saree dengan baik. Sangat disayangkan apabila potensi yang luar bisa tersebut dibiarkan kepada siapa saja melakukan pengembangan sesuka hatinya. Sehingga kontur tanah yang begitu indah terkikis secara bertahap dan pasti menuju kepada kerusakan lingkungan jangka panjang.

Dana Alokasi Khusus (DAK) yang begitu melimpah diterima Aceh, akan lebih bermanfaat jangka panjang apabila digunakan untuk membangun infrastruktur Wisata Puncak Selawah Aceh. Sehingga dana yang memang diperuntukan bagi percepatan pembangunan Aceh yang tertinggal akibat konflik yang berkepanjangan dapat terealisir dengan tepat sasaran. Apabila kebijakan tersebut dapat dilaksanakan, tentu Saree menjadi tempat perputaran ekonomi yang dapat menyejahteraan masyarakat.

Keuntungan lain bila terbenahnya Saree sebagai kawasan wisata syariah yang mumpuni, membuat masyarakat kita setiap memasuki liburan tidak lagi berwisata keluar daerah. Sehingga arus uang keluar daerah capital out flow dapat dikurangi dengan terbenahnya kawasan wisata Saree tersebut. Dengan udara yang bersih dan sejuk serta keindahan gunung Selawah yang masih asri tentu bukan hanya masyarakat Aceh yang akan berkunjung, namun masyarakat dari berbagai daerah akan tertarik berkunjung ke Puncak Selawah Aceh.

Hendaknya potensi Saree ini benar-benar ditata dan dimanfaatkan lebih optimal secara terencana dengan baik untuk pengembangannya. Jangan sampai Kota Saree tumbuh dengan sendirinya bagai daerah yang tidak memiliki pimpinan apalagi bimbingan untuk pembangunannya. Saatnya pemerintah fokus dan serius membangun Saree sebagai kawasan wisata yang islami.

Dimana kita harus berani menawarkan konsep wisata syariah, dengan harapan keluarga yang berkunjung ke daerah tersebut dapat menikmati anugerah alam yang indah, bersih serta memiliki edukasi sejalan dengan julukan daerah Serambi Mekah. Akan lebih sempurna apabila kawasan Saree memiliki banyak hotel yang dapat menampung wisatawan yang ingin menginap dengan konsep Syariah Islam. Dengan tumbuh dan berkembangnya daerah tersebut tentu akan ada penyerapan tenaga kerja baru di kawasan tersebut yang akan membuat perputaran ekonomi  semakin cepat.

Di sisi lain dengan tumbuh dan berkembang Kawasan Wista Syariah Saree, tentu penyebaran pertumbuhan ekonomi di Aceh semakin baik dan dapat memperkecil tingkat ketimpangannya. Semakin banyak pusat pertumbuhan ekonomi juga akan membuat pemerataan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat semakin meluas. Konsentrasi penduduk tentu juga akan semakin terpecah yang membuat pemerataan pembangunan secara regional semakin baik.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved