Breaking News:

Sosok Inspiratif

Syamsiah, Pengawas SD di Lhokseumawe Dinobatkan sebagai Penulis dan Pelatih Terbaik Tingkat Nasional

"Semua kesuksesan adalah buah dari kesungguhan dalam belajar, terutama belajar menulis."

For Serambinews.com
Syamsiah dengan tropi, penghargaan, dan buku terbarunya Manyak dari Gle Kuprai. 

"Semua kesuksesan adalah buah dari kesungguhan dalam belajar, terutama belajar menulis."

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Syamsiah Ismail MPd (50), Pengawas SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lhokseumawe meraih predikat penulis terbaik dan pelatih nasional SaguSaku (Satu Guru Satu Buku) IGI pada Simposium Nasional Gardaku (Guru Terdepan Menulis Buku Pendidikan) Indonesia di Villa My Pisita Anyer Resort, Banten,  21-23 Desember 2020.

Dengan prestasi tersebut, Syamsiah mendapatkan plakat Best Writer + Coach dan selempang bertuliskan 1000 Penulis IGI dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Predikat itu diraih atas prestasinya menulis beberapa buku dengan menggunakan logo IGI dan SaguSaku serta aktif dalam Gerakan Literasi Sekolah (GELIS) sejak 2018.

Baca juga: Kasus Pembakaran Rumah Jurnalis Serambi Indonesia Masih Mangkrak, Asnawi Surati Propam Mabes Polri

Baca juga: BPBD Nagan Raya Kerahkan Bantuan Cari Korban Tenggelam di Aceh Jaya

"Pada kegiatan tersebut saya juga meluncurkan buku terakhir di penutup tahun 2020, yakni Manyak dari Gle Kuprai," katanya kepada Serambinews.com, Minggu (3/1/2020).

Prestasi lainnya di bidang menulis yang telah diukir di antaranya juara satu menulis bagi guru/kepala sekolah Kota Lhokseumawe tahun 2002.

Juara satu menulis bagi guru/kepala sekolah tingkat Provinsi Aceh tahun 2003. Juga pernah meraih juara tiga nasional sayembara penulisan naskah bacaan SD kelas rendah (1,2, dan 3)  kategori nonfiksi  Kemendiknas pada 2008. 

Baca juga: Peringatan HAB Ke-75 Kemenag di Pijay, Wabup Jadi Irup, Daud Pakeh Ikut Upacara  

Selanjutnya, juara satu lomba karya tulis ilmiah  metodelogi pembelajaran pada Jambore-1000 PTK- PNF kategori tutor Paket B Provinsi Aceh serta sederet gelar juara lainnya.

Selain prestasi di bidang menulis, warga Kompleks Mutiara Indah Lhokseumawe juga pernah meraih prestasi sebagai guru terbaik TOT Sains di Jakarta International School Campus disponsori oleh negara Norwegia pada 2005, juara tiga guru berprestasi jenjang SD Provinsi Aceh tahun 2013. Juara satu Lomba Daur Ulang pada Pekan Kreatifitas Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry tahun 2015.

Diakui oleh perempuan kelahiran 12 April 1969 itu, "semua kesuksesan adalah buah dari kesungguhan dalam belajar, terutama belajar menulis." (*)

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved