Breaking News:

Bupati Shabela Resmikan Mako Tagana Aceh Tengah

Bupati Aceh Ten­gah, Shabela Abubakar meresmi­kan gedung baru Markas Komando Taruna Siaga Bencana (Mako TA­GANA) Aceh Tengah, di komplek Kantor

Bupati Shabela Resmikan Mako  Tagana Aceh Tengah
FOTO DOK HUMAS PEMKAB
Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar melakukan pemotongan pita pada peresmian gedung Mako Tagana di Desa Paya Tumpi, Kota Takengon, Sabtu (9/1/2021).

TAKENGON – Bupati Aceh Ten­gah, Shabela Abubakar meresmi­kan gedung baru Markas Komando Taruna Siaga Bencana (Mako TA­GANA) Aceh Tengah, di komplek Kantor Dinas Sosial, Jalan Leber Kader, Paya Tumpi, Kota Taken­gon.

Pengaktifan Mako Tagana tersebut ditandai dengan pemoton­gan tumpeng dan pengguntingan pita oleh orang nomor satu di Aceh Tengah itu, dan ikut disaksikan sejumlah kepala OPD di jajaran pemerintah setempat.

“Semangat anggota Tagana Aceh Tengah selama ini sangat luar biasa, selalu hadir dalam berbagai bencana, memberikan kontribusi bagi daerah,” Shabela Abubakar mengaspresiasi

segenap anggota Aceh Ten­gah yang dinilai aktif berperan dalam situasi tangap bencana se­lama di daerah itu.

Dia menambahkan, diper­lukan fasilitas serta dorongan untuk kemajuan Tagana di masa yang akan datang, sehingga dengan adanya gedung baru tersebut, menjadi salah satu bukti kepedulian Pemerintah Aceh Ten­gah. “Satuan Tagana telah berbuat banyak tanpa kenal lelah,” imbuh Bupati Aceh Tengah ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah, Aulia Putra S Stp Msi, menyebut­kan, pengaktifan operasional Mako Tagana ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan peran Tagana dalam penanganan situasi bencana, sebagai pilar sosial dari Dinsos.

“Taruna Siaga Bencana akh­irnya bisa memiliki Mako sendiri sehingga kedepannya akan dapat lebih baik, melakukan komunikasi dan koordinasi dalam menjalankan program dan fungsi Tagana sebagai salah satu pilar-pilar sosial binaan Dinas Sosial,” ungkap Aulia Putra.

Aktifnya Mako ini, sebutnya, tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Aceh melalui alokasi dana Otsus pada tahun 2020 lalu. Untuk ta­hun 2021, sesuai perencanaan akan dilanjutkan kembali pembangunanya dengan menyediakan layanan sosial, medis, psikiatri, pendidikan, dan layanan serupa lainnya bagi penyan­dang masalah sosial.

Dijelaskan, setelah memiliki Mako tersebut, pihak Tagana akan lebih fokus dalam peningkatan kapasitas kualitas anggota Tagana kedepannya, dengan segala ken­dala yang pastinya juga semakin meningkat pula.

“Alhamdulillah Gedung Mako Tagana Aceh Tengah telah ber­diri. Kita Usahakan telah dapat beroperasional secara dinamis dan maksimal. Kami harapkan fasilitas pendukung dan mobiler finisingnya nanti, kiranya dapat dibantu dari anggaran Pemerintah Kabupaten,” harapnya. (hat)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved