Breaking News:

Aceh Siap Laksanakan Vaksinasi Covid 19

KEPALA Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif menyatakan, Pemerintah Acehsiap melaksanakan vaksinasi covid 19 tahap awal di Indoesia yang akan dimulai

Aceh Siap Laksanakan Vaksinasi Covid 19
IST
dr Hanif, Kadis Kesehatan Aceh

KEPALA Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif menyatakan, Pemerintah Acehsiap melaksanakan vaksinasi covid 19 tahap awal di Indoesia yang akan dimulai ditingkat nasional tanggal 13 Januari 2021 mendatangan, provinsi 14 Januari 2021 dan 15 Januari 2021 di Kaupaten/Kota.

“Pelaksanaan vaksinasi covid 19 itu kita lakukan, karena hasil kajian tentang vaksin covid 19 sudah turun dari Balai POM dan begitu juga fatwa MUI yang menyatakan hukumnya suci dan halal,” kata Kadinkes Aceh, dr Hanif.

Untuk memberikan pemahaman kepada kalanga tenaga kesehatan di lingkungan masyarakat ter kait vaksin corona itu, kata Hanif, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada Dinas Kesehatan Ka bupaten/Kota, Rumah Sa kit Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Swasta serta fasilitas kesehatan lainnya yang melaksanakan vaksinasi covid 19, bersama lima Kantor Cabang BPJS yang berada di Aceh.

Sedangkan sosialisasipenjelasan untuk mempermudah pemahaman masyarakat tentang manfaat dari vaksin covid 19 bagi kesehatan tubuh, kata Hanif, juga terus dilakukan me lalui media elektronik, media cetak, media sosial dan media luar ruang serta edukasi langsung kepada masyarakat.

Hanif menjelaskan, kelom pok penerima vaksinasi covid 19 ini, sudah ditentukan oleh Pemerintah Aceh. Pada tahap awal penyuntikan vansin corona ini, akan  diberikan kepada kelompok tenaga kesehatan yang  bertugas di semua Rumah Sakit di Aceh, antara lain RSUZA, RSJ, RSIA, RSUDKabupaten/Kota, RS TNI, RS Polri, RS Swasta, untuk selanjutnya kepada tenaga kesehatan di FKTP, seperti Puskesmas, Klinik maupun FKTP lainnya.

Untuk pencanangan tahap awalnya, kata Kadinkes Aceh, dr Hanif, akan dilakukan penyuntikan kepada para pejabat publik. Antra lain kepada Gubernur, Pangdam IM, Kapolda, Sekda Aceh, Kejati Aceh, Kepala Balai POM Aceh, Kepala Dinas Kesehtan Aceh, Direktur RSUZA, Direktur RSJ, Direktur RSIA, dan sejumlah tokoh publik lainnya di provinsi sampai ke daerah.Salah satu persyaratan penerima vaksin corona adalah tubuh harus dalam kondisi sehat, calon penerima vaksin covid 19 akan di cek terlebih dahulu kondisi kesehatannya, apakah layak menerima vaksin atau tidak.Vaksin covid tidak akan diberikan kepada yang memiliki :

  •  Orang yang pernah terkonfi rmasi covid – 19 _ Ibu hamil dan menyesui _ Mengalami gejala Ispa (batuk, pilek/fl u, sesak nafas) dalam tujuh hari terakhir sebelum vaksin
  •  Mendapat terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
  •  Ada riwayat penyakit komorbid seperti penyakit jantung, diabetis melitus, penyakit autoimun, gagal ginjal kronis, penyakit saluran pencernaan kronis, penyakit paru, hipertensi dan kanker
  • Sedang demam, (suhu tubuh diatas 37,5 derajat celsius)
  • Penderita HIV

Kepada semua petugas kesehatan kita harapkan agar pro aktif dan mempersiapkan pelaksanaan vak sinasi dan bersama-sama melakukan edukasi vaksin covid dan kampanye 3 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau dengan hanitizer dan menjaga jarak minimal 2 meter dan menghindari kerumunan. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved