Breaking News:

Berita Aceh Timur

Penegasan Menteri KKP kepada Bupati Rocky: Shrimp Estate di Aceh Timur Harus Segera Direalisasikan

"Pembangunan shrimp estate di Aceh Timur segera direalisasikan. Ini akan jadi trigger pertumbuhan ekonomi."

Prokompim Aceh Timur
Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib SH atau Rocky bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono membahas rencana pembangunan shrimp estate di Kabupaten Aceh Timur, Selasa (12/01/2021). 

"Menteri KKP meminta pembangunan shrimp estate di Aceh Timur segera direalisasikan. Ini akan jadi trigger pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Aceh dan sekitarnya."

Laporan Seni Hendri l Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib SH atau Rocky menghadiri undangan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono, di Jakarta Pusat, Selasa (12/01/2021).

Dalam pertemuan itu, Menteri KKP dan Bupati Rocky membahas rencana pembangunan shrimp estate (tambak udang) di Kabupaten Aceh Timur.

Pada pertemuan itu, Menteri KKP didampingi Sekretaris Jenderal Drs Antam Novambar SH MHum, Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan Tinggal Hermawan SPi,  MSi, Kepala Balai Ujung Batee Tahang, dan Staf khusus Menteri, Wahyu Maryadi dan Sianire Ariani.

Menteri Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan, Aceh Timur termasuk kawasan potensial untuk pengembangan shrimp estate, karena kondisi air dan lahannya sangat cocok untuk pengembangan tambak udang.

Baca juga: Dua Perwira Polres Gayo Lues Diganti, Ini Posisi Mereka Sekarang

Karena itu, Menteri Trenggono mengusulkan shrimp estate dibangun di lahan seluas 5.000 sampai 10.000 haktare.

Namun dia menegaskan, pembangunan shrimp estate harus melalui perencanaan bisnis dan kajian yang matang agar nilai ekonomi yang dihasilkan tinggi dan lingkungan sekitar tetap lestari.

Teknologi yang diterapkan bisa berupa tambak intensif maupun super-intensif agar hasil panennya maksimal yakni lebih dari 40 ton per haktare per siklus.

Baca juga: Hari Ini, Bertambah Warga Lhokseumawe yang Terpapar Covid-19, Ini Rinciannya

"Kalau ada lahan fresh kita bangun shrimp estate. Itu yang nantinya jadi model industri," ujar Menteri Trenggono.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved