Breaking News:

Aceh Hebat 1 Bertolak ke Banda Aceh, Diperkirakan Tiba Hari Jumat

KMP Aceh Hebat 1 yang merupakan kapal terakhir dari tiga kapal yang dibeli Pemerintah Aceh, saat ini sedang dalam pelayaran menuju

Editor: bakri
Foto: Dishub Aceh
Kapal Aceh Hebat 1 

BANDA ACEH – KMP Aceh Hebat 1 yang merupakan kapal terakhir dari tiga kapal yang dibeli Pemerintah Aceh, saat ini sedang dalam pelayaran menuju Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Kapal itu diperkirakan berlabuh di Ulee Lheue, pada Jumat (15/1/2021) besok.

Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh, M Alqadri, kepada Serambi mengatakan, kapal dengan bobot 1.300 GT itu sudah meninggalkan galangan PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau sejak Selasa (12/1/2021).

“Saat ini kapal sedang dalam pelayaran ke Banda Aceh. Nanti dari Banda Aceh baru kapal akan melanjutkan perjalanan ke Calang. Informasi terakhir tadi (kemarin) kapal sudah sampai di perairan Tanjung Balai Asahan, perbatasan Riau-Sumut,” ujar Alqadri.

Alqadri melanjutkan, setelah bersandar di Dermaga Pelabuhan Ulee Lheue, kapal tersebut dijadwalkan akan ditinjau oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Setelah itu kapal akan melanjutkan pelayaran ke pelabuhan Calang, seraya menunggu keluarnya izin operasi.

Gubernur Aceh melalui akun twitternya juga mengabarkan tentang KPM Aceh Hebat 1 yang sedang berlayar menuju Aceh. Postingan Nova soal KMP Aceh Hebat 1 ini diawali saat kapal tersebut meninggalkan Galangan Kapal MOS di Tanjung Balai Karimun, Selasa (12/1/2021) lalu. Gubernur menampilkan sejumlah foto-foto dan video KMP Aceh Hebat 1 yang memulai pelayarannya ke Aceh.

Rabu (13/1/2021) kemarin, Gubernur kembali memposting foto-foto KMP Aceh Hebat 1. “Inilah sosok KMP Acehhebat-1 dgn bobot 1300 GT, kapal RORO kebanggaan rakyat Aceh yg akan melayani route Calang/Kuala Bubon/Labuhan Haji ke Sinabang. Selamat utk rakyat Aceh.” tulis Gubernur Aceh.

Untuk diketahui KMP Aceh Hebat 1 merupakan kapal terbesar dari tiga kapal yang dibeli Pemerintah Aceh. Kapal ini akan melayani rute Calang-Sinabang/ Meulaboh-Sinabang/ Labuhan Haji-Sinabang.

Kapal Aceh Hebat 1 berbeda dengan dua kapal lainnya. Karena kapal ini menempuh pelayaran jarak jauh, maka bagian dalam kapal diisi dengan tempat tidur. Desain itu untuk menyesuaikan dengan jarak tempuhnya nanti yang bisa mencapai 12 jam. Selain itu kapal ini juga didesain untuk mengarungi samudera.

KMP Aceh Hebat 1 memiliki kapasitas 250 penumpang dan 33 unit mobil. Kapal memiliki panjang 70 meter dan lebar 15 meter. Kapal yang dibeli dengan anggaran APBA itu nanti akan dioperasikan oleh pihak PT ASDP. “Sejauh ini pelayaran KMP Aceh Hebat 1 ke Banda Aceh berjalan lancar tanpa gangguan cuaca, setelah tiba nanti langsung ke proses perizinan dan diserahkan untuk dikelola oleh PT ASDP, setelah itu baru kapal bisa berlayar ke Simeulue,”tutup Alqadri.

Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh, Alqadri, mengatakan, KMP Aceh Hebat 2 yang sudah tiba di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh sejak pertengahan Desember lalu dijadwalkan bisa berlayar dalam bulan ini.

KMP Aceh Hebat 2 adalah kapal yang diperuntukkan ke rute Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh-Pelabuhan Balohan Sabang. Kapal dengan bobot 1.100 GT ini memiliki kapasitas penumpang 377 orang dan 24 unit mobil. KMP Aceh Hebat 2 ini diproduksi oleh PT Adi Luhung Saranasegara, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

KMP Aceh Hebat 2 akan menjadi kapal pertama yang bisa berlayar untuk mengangkut penumpang, karena sebagai kapal pertama yang tiba di Aceh. Jadi perizinan lebih cepat selesai.(mun)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved