Breaking News:

Ilham Saputra Plt Ketua KPU RI

Jajaran komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno di kantor KPU. Adapun rapat pleno itu untuk menindaklanjuti keputusan

ILHAM SAPUTRA 

JAKARTA - Jajaran komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno di kantor KPU. Adapun rapat pleno itu untuk menindaklanjuti keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memberhentikan Arief Budiman sebagai Ketua KPU RI.

"Rapat pleno menghasilkan keputusan yakni Memilih Plt Ketua KPU yaitu Ilham Saputra secara aklamasi," kata Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam konferensi pers secara daring, Jumat (15/1/2021).

Kemudian, Raka mengatakan Plt Ketua KPU akan menindaklanjutin putusan DKPP dengan menerbitkan Keputusan Peringatan Keras Terakhir dan Pemberhentian dari Jabatan selaku Ketua KPU kepada Arief Budiman, paling lama 7 (tujuh) hari sejak Putusan DKPP dibacakan.

"Sehubungan dengan keputusan tersebut, KPU meminta seluruh jajaran baik KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota untuk tetap menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Raka.

Sebelumnya, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman. Keputusan tersebut diambil dalam sidang etik putusan perkara dengan nomor 123-PKE-DKPP/X/2020.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU RI," demikian dikutip dari salinan putusan DKPP, Rabu (13/1/2021).

Arief, dalam putusan tersebut, terbukti melanggar etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu saat mendampingi Komisioner KPU Evi Novida Ginting menggugat surat keputusan Presiden Joko Widodo ke PTUN Jakarta. Arief juga dinyatakan bersalah karena tetap menjadikan Novida tetap komisioner KPU.

Meski Arief Budiman diberhentikan dari ketua, tetapi ia tetap menjabat sebagai Komisioner KPU. Menurut Plt Ketua KPU, Ilham Saputa, putusan DKPP hanya mempersoalkan jabatan Arief sebagai Ketua KPU.

"Pak Arief tetap anggota KPU karena waktu Pak Arief jadi ketua, dia juga merangkap sebagai anggota. Putusan DKPP adalah memberhentikan beliau sebagai ketua, bukan anggota," ujar Ilham dalam jumpa pers.

Ilham menyampaikan, Arief belum menentukan langkah hukum menghadapi putusan DKPP. Arief juga belum berencana membawa perkara ini ke PTUN Jakarta. Saat ini, kata Ilham, KPU baru membahas pemberhentian Arief sesuai putusan DKPP. KPU akan membahas penunjukkan Ketua KPU secara definitif di kemudian hari.

"Apa tindakan kami sebagai anggota KPU berikutnya, nanti ada sambungannya," ujar dia. "Pastinya (akan ada rapat pleno berikutnya)."

Ilham Saputra merupakan putra Aceh kelahiran Jakarta 21 Mei 1976. Sebelum menjadi Komisioner KPU, Ilham pernah menjabat Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh merangkap anggota pada 2008-2013.(tribunnews.com)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved